Penulis: Graminda

Dispenser adalah salah satu barang yang mesti ada di rumah anda. Alat tersebut bantu stok cadangan air minum sehari-hari. Sebab, kekurangan sedikit saja air minum, tubuh bisa dehidrasi dan hilang fokus.

Nah, dispenser jaman sekarang sudah lebih canggih. Tidak hanya air panas, tapi juga bisa alirkan air dingin, lho. Malah ada yang bisa menyaring air keran jadi air minum! Namun, jangan asal beli karena tergiur saja. Ikuti langkah berikut supaya bisa memilih dispenser yang tepat dan berkualitas, ya!

1. Kenali Jenis Dispenser di Pasaran

Seperti yang sudah disebutkan, kini ada banyak jenis dispenser yang dijual. Ada dispenser standar yang bisa mengalirkan air panas dan normal saja. Ada pula water cooler, yaitu dispenser yang bisa mengalirkan air panas, dingin, dan normal. Dispenser standar tentunya lebih murah dibanding water cooler.

Jika biasanya galon dispenser ada di atas, sekarang anda bisa beli dispenser dengan tempat galon di bawah. Jadi, tidak perlu repot mengangkat galon ke atas. Malah, ada dispenser dengan galon atas-bawah. Jika sewaktu-waktu padam listrik, galon atas masih bisa berfungsi.

Baca Juga: 6 Jenis Dispenser yang Ada di Pasaran

2. Kapasitas dan Bahan Tangki Air

Bahan tangki penyimpanan air haruslah berbahan anti karat dan anti bakteri. Sebab, tangki tersebut tempat menampung air yang akan dikonsumsi.  Bahan yang direkomendasikan adalah stainless steel. Selain anti karat, stainless steel juga bisa menahan suhu agar tetap panas.

Perhatikan juga kapasitas tangki. Standar tangki dispenser adalah 1 L, tapi ada juga yang berkapasitas hingga 3.5 L. Jika dispenser akan digunakan untuk banyak orang, sebaiknya pilih tangki dengan kapasitas yang cukup banyak.

3. Fitur Tambahan

Tiap dispenser punya fitur tambahan yang berbeda. Misalnya, dispenser yang menyatu dengan kulkas mini. Jenis dispenser seperti itu lebih cocok bagi individu yang tinggal sendiri atau hotel. Soalnya, kulkas mini hanya bisa digunakan untuk simpan sedikit makanan.

Sedangkan bila ada anak kecil, pilih dispenser dengan fitur safety lock. Sistem ini bisa minimalkan peluang anak terkena air panas. Atau fitur saringan yang bisa ubah air keran jadi air minum. Cocok bila anda ingin lebih hemat!

7 Rekomendasi Dispenser Terbaik

7. Miyako WD-185 H

(Image: Lazada)

Miyako seri WD-185 H adalah dispenser standar yang biasa ditemui. Terdapat dua keran, yaitu untuk air panas dan normal. Kapasitas tangki cukup besar, yaitu 3.5 L. Jadi, bisa untuk cadangan air minum satu keluarga.

Daya dispenser ini hanya 350 W dan mampu hasilkan air panas hingga 90°c., Artinya sudah cukup untuk bunuh bakteri. Tangki stainless steel food grade juga lengkapi kelebihan dispenser Miyako WD 185H. Hanya saja bahan dispenser masih dari plastik, walaupun tebal dan kokoh.

Harga: Rp 157.000

Lihat di Lazada DISKON:  Miyako WD-185 H

6. Cosmos CWD 5603

(Image: Lazada)

Dispenser dari cosmos ini bisa hasilkan air dingin, panas, dan normal. Tangkinya terbuat dari stainless steel food grade anti karat dengan kapasitas 1 L. Sehingga tidak harus tunggu lama untuk air menjadi panas. Sebab cadangan tangki cukup untuk 5 cangkir minuman sekaligus.

Daya dispenser cukup standar, yaitu 385 W. Dispenser cosmos dengan desain tower ini mudahkan anda ambil air tanpa harus bungkuk. Di bawahnya, terdapat rak serbaguna untuk letakkan gelas atau peralatan makan lainnya.

Harga: Rp 548.000

Lihat di Lazada DISKON: Cosmos CWD 5603

5. Pureit Unilever 9 L

(Image: Lazada)

Hadir dengan 4 tahap pemurnian, alat ini mampu menyaring air keran jadi air minum tanpa dimasak, tanpa listrik ataupun gas. Air pun jadi bebas bahan kimia, bakteri, dan virus. Anda tidak perlu khawatir, karena kualitas air Pureit sudah mendapatkan pengakuan secara ilmiah berskala internasional.

Selain praktis, Pureit juga lebih hemat 75% dari air galon. Bersama Pureit, anda tidak perlu angkat galon yang berat lagi! Apalagi dengan kapasitas 9 L, tidak perlu takut kehabisan air minum.

Kekurangannya, Pureit punya alat germkill kit yang berfungsi bunuh kuman. Pada saat indikator berbunyi, tandanya germkill sudah harus diganti. Namun, sebanding dengan air yang jernih dan higienis yang dihasilkan

Harga: Rp 597.000

Lihat di Lazada DISKON: Pure It Unilever 9L

4. Denpoo DDL 2205

(Image: Lazada)

Paduan dispenser dan kulkas dengan harga hemat diwujudkan oleh Denpoo. Dispenser ini punya 3 keran, yaitu normal, air panas dan air dingin. Biarpun rangkanya terbuat dari plastik, tangki dispenser terbuat dari stainless steel anti karat.

Daya dispenser sekaligus mini kulkas ini hanya 190 W, sangat hemat tentunya. Baik tangki maupun badan dispenser sangat mudah dibersihkan. Namun, anda harus kuat mengangkat galon ke atas dispenser, ya!

Harga: Rp 1.825.000

Lihat di Lazada DISKON: Denpo DDL 2205

3. Sanken HWD 999 SH

(Image: Lazada)

Berbeda dengan seri sebelumnya, dispenser ini miliki mini kulkas di bagian bawah.  Terlebih, Sanken HWD 999 SH bisa hasilkan air dingin, panas, dan normal. Tangki dan pompa terbuat dari stainless steel yang dijamin anti bakteri dan food grade.

Dispenser ini bisa hasilkan air panas lebih cepat dan stabil dalam waktu lama. Suhu panasnya bahkan mencapai 99°c! Terdapat juga sensor bila air dalam galon sudah habis dan layar LED yang menunjukan suhu air. Sangat pas untuk anda yang ingin hidup simpel!

Harga: Rp 2.250.000

Lihat di Lazada DISKON: Sanken HWD 999 SH

2. Modena DD 65L

(Image: Lazada)

Modena DD 65L cocok untuk anda yang tidak ingin ribet angkat galon. Soalnya, Modena DD 65L dilengkapi pipa anti stainless steel anti bakteri untuk memompa galon dari bawah. Desainnya pun glossy dan elegan. Dispenser ini mampu sediakan air panas, dingin, dan normal dengan cepat. Plus adanya safety lock untuk anak-anak.

Beragam fungsi, tidak lantas buat dayanya tinggi. Modena DD 7301 hanya berdaya 190 W saja, lho! Kompresornya pun non CFC yang ramah lingkungan.  Saat gaon sudah kosong, akan ada indikator/alarm yang berbunyi. Benar-benar bikin hidup lebih mudah!

Harga: Rp 2.285.000

Lihat di Lazada DISKON:  Modena DD 65L

1. Sanken HWD Z96 

(Image: Lazada)

Dispenser Sanken HWD Z96 adalah solusi bila anda takut padam listrik. Sebab, masih ada cadangan galon yang di atas dispenser. Tidak harus keduanya, anda juga bisa pakai galon bawah saja atau atas saja. Tangki dispenser dan pipa terbuat dari stainless steel anti karat maupun kuman.

Seperti dispenser jaman sekarang, Sanken Z96 juga bisa hasilkan air panas, dingin, dan normal. Padahal daya listriknya hanya 320W, hemat 30% lho! Dispenser ini juga dilengkapi sensor yang menandakan air galon sudah habis. Sangat praktis tentunya!

Harga: Rp 2.649.000

Lihat di Lazada DISKON:  Sanken HWD Z96 Duo Gallon

Tentunya setiap jenis dispenser punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kembali lagi pada kebutuhan dan selera anda. Lebih baik cari dispenser yang awet dan berkualitas daripada menyesal di kemudian hari. Jadi, mau pilih yang mana?