Penulis : Atsa

Memilih singkong berkualitas yang empuk saat diolah memang susah-susah gampang. Bentuk awalnya yang keras dan sepintas terlihat sama semua terkadang bisa bikin salah dalam memilih. Hasilnya justru olahan singkong keras dan alot.

Singkong yang bagus akan mengembang dan terasa empuk. Jika anda ingin membuat olahan singkong yang empuk, perhatikan tips dalam memilih singkong berikut ini!

Lemet singkong legit

Baca Juga : Resep Lemet Singkong

1. Perhatikan kulit ari singkong yang mengelupas

Pilih singkong dengan kulit luar yang mengelupas, sehingga terlihat warna kulit arinya. Kalau warna kulitnya merah muda, bisa dipastikan kalau singkong bagus kualitasnya.

Tapi, singkong sendiri memiliki banyak jenis dan belum tentu yang kulit arinya putih atau kuning jelek.

2. Cungkil kulit singkong

Cara berikutnya untuk memastikan kualitas singkong, bisa dengan mengkupas atau cungkil kulit umbi singkong dengan kuku. Jika terlihat kekuningan (mentega) umumnya lebih baik dari yang putih.

Patahkan juga sedikit ujungnya. Bila ada bagian yang membiru, sebaiknya jangan dipilih. Noda kebiruan atau bahkan hitam menandakan kalau singkong telah lama disimpan.

3. Perhatikan tanah yang masih menempel di kulit singkong

Perhatikan tanah yang masih menempel di kulit singkong. Tanah yang masih liat atau basah seperti lumpur menandakan singkong baru dicabut, dan paling ideal untuk diolah.

4. Pilih singkong yang batangnya lurus dan gendut tengahnya

Pilih singkong yang batangnya lurus dan gendut bagian tengahnya, singkong seperti ini menandakan sudah siap panen. Hindari juga memilih singkong yang banyak bengkok-bengkok, karena selain biasanya banyak seratnya, juga susah saat diolah, dan penampilannya juga kurang menarik.

5. Perhatikan warna singkong yang dipotong

Jika sudah membeli singkong, langkah terakhir untuk memastikan kualitas singkong yaitu saat dipotong. Jika mudah terpotong dan tidak keras, daging singkong lembab, dan terlihat putih merata, berarti singkong baru dan masih bagus.

Jika terdapat lingkaran hitam dan keras sekali saat dipotong, artinya singkong sudah tua dan akan alot saat dimasak.

Baca Juga : Resep Singkong Keju

Itulah tips yang dapat digunakan sebagai patokan dalam memilih singkong yang berkualitas dan empuk.

Setelah dikupas dan dipotong, apabila belum diolah, rendam singkong terlebih dahulu, ya. Perendaman dilakukan supaya singkong tetap segar dan tidak berubah warna karena oksidasi.

Tips Memilih Singkong yang Empuk dan Berkualitas
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4.6 (92%) 5 votes