Penulis: Graminda

Seperti kebanyakan wanita, saya suka saat berurusan dengan tabung gas. Takut salah, lalu meledak. Seram, kan! Makanya saya suka cerewet ke suami supaya buru-buru ganti regulator kalau sudah tercium bau gas bocor.

Regulator gas adalah alat yang tidak bisa disepelekan saat memilihnya. Sebab, salah pilih regulator bisa berdampak buruk pada keluarga anda. Ikuti tips berikut agar tahu regulator yang tepat dan berkualitas baik.

1. Lulus Standar Uji Nasional

Hal dasar yang paling utama adalah cek logo dan nomor SNI pada regulator. Jika sudah berlogo SNI, dipastikan regulator bisa atasi kebocoran gas.

Selain standar nasional, ada juga regulator impor yang berstandar eropa maupun internasional. Akan lebih baik jika regulator tersebut juga berlogo SNI. Artinya, sudah dijamin oleh lebih dari satu lembaga.

Baca Juga: 5 Tips Keamanan Kompor Gas, Wajib Tahu!

2. Memiliki Seal Karet Ganda

Seal karet biasanya ada pada tabung gas. Namun, kadang seal karet tersebut sudah aus dan rusak. Sehingga, bisa sebabkan munculnya kebocoran gas.

Makanya, pilih regulator yang punya seal karet tambahan. Tujuannya supaya regulator tidak goyang dan menyebabkan kebocoran gas.

Baca Juga: 8 Tips Memasang Gas Elpiji dengan Benar

3. Ada Indikator Tekanan Gas & Bisa Menghemat Gas

Pilih regulator yang punya indikator tekanan gas. Adanya indikator buat anda lebih mudah untuk tahu bila tekanan di atas batas. Selain itu, anda juga dapat melihat volume gas yang tersisa.

4. Otomatis Terkunci/Mati saat Ada Kebocoran Gas

Regulator yang berkualitas bisa deteksi kebocoran gas sekecil apapun. Oleh karena itu, penting memilih regulator dengan sistem auto shut off. Regulator tersebut akan otomatis menutup aliran gas bila selang terlepas atau ada kebocoran gas

7 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik

Sekarang, saatnya pilih regulator gas terbaik berdasarkan rekomendasi kami!

7. Winn Regulator Gas

(Image: Lazada)

Biasanya regulator dari Winn sudah satu paket dengan selang gas berukuran 1.8 meter dan 2 buah klem. Selangnya terbuat dari nylon yang dilapisi 2 lapisan karet agar lebih kuat. Sedangkan klem berfungsi untuk mengunci pipa dengan selang.

Regulator ini disertai indikator tekanan gas. Pengunciannya pun pakai knop yang praktis dan mudah dipraktekan. Plus, Winn regulator bisa bikin pemakaian gas lebih hemat.

Harga: Rp 77.000

Lihat di Lazada PROMO: Winn Gas Regulator

6. Quantum QRL-032

(Image: Lazada)

Regulator Quantum QRL-032 sudah lulus uji standar nasional dan aman digunakan. Satu paket sudah termasuk selang gas 1.8 meter yang dilapisi logam anti tikus. Sehingga, tidak ada kebocoran gas akibat selang bolong.

Quantum QRL-032 dilengkapi regulator meter untuk cek kapasitas dan tekanan gas. Ada juga 2 buah klem sebagai pengaman antara selang dan pipa. Makin terjamin dengan adanya garansi 1 tahun.

Harga: Rp 87.500

Lihat di Lazada PROMO: Regulator Gas Quantum QRL-032

5. Gascomp GRS-01

(Image: Lazada)

Gascomp GRS-01 terbuat dari tembaga dan sudah lulus uji SNI. dengan teknologi superlock, anda tidak akan dengar bunyi desis saat memasangnya. Selain itu, kekuatan pengunci regulator sampai 50.000 kali lipat daripada tekanan gas!

Regulator ini anti pecah dan retak walau sudah terjatuh beberapa kali, lho. Lengkap dengan garansi 1 tahun dan asuransi. Sayangnya, tidak ada indikator tekanan gas pada regulator ini.

Harga: Rp 92.700

Lihat di Lazada PROMO: Regulator Gascomp GRS-01

4. Destec COM 201-M

(Image: Lazada)

Penguncian pada regulator ini pakai sistem putar. Agar lebih aman, disertai dengan karet datar anti bocor yang dikunci dengan plat besi. Selain itu, ada juga teknik penyumbat gas saat selang terlepas dari kompor.

Seperti regulator lainnya, Destec COM 201-M juga disertai indikator tekanan gas. Pakai regulator ini, bisa hemat gas sampai 30%. Terbaik!

Harga: Rp 106.325

Lihat di Lazada PROMO: Destec Gas Regulator COM 201-M

3. Kosangas Quick-On 634

(Image: Lazada)

Kosangas Quick On 634 merupakan regulator buatan Denmark. Regulator ini sudah lulus uji standar nasional maupun eropa (NPB). Selain itu, bahan pembuatannya anti karat dan sangat mudah dipasang.

Regulator Kosangas dilengkapi sistem “Thermofuse”, yaitu penutupan permanen aliran gas saat selang berada pada batas suhu tertentu. Sistem ini adalah standar keamanan di Eropa. Tapi, regulator Kosangas tidak disertai indikator meteran gas.

Harga: Rp 118.900

Lihat di Lazada PROMO: Regulator Gas Kosangas Quick-On 634

2. Starcam SC-23M

(Image: Lazada)

Berbeda dari regulator lain, Starcam SC-32M punya 2 sistem pengaman anti bocor. Pertama, penguncian plat C yang bikin regulator kokoh, kuat, dan tidak goyang. Kedua, adanya karet datar pada ujung pipa regulator yang cegah kebocoran saat karet seal tabung rusak.

Pastinya regulator ini sudah lulus uji SNI. Tambahan indikator tekanan gas bikin Starcom SC-23 M makin lengkap. Paket hemat agar masak aman dan nyaman!

Harga: Rp 123.000

Lihat di Lazada PROMO: Regulator Starcam SC-23 M

1. Blue Gaz

(Image: Lazada)

Regulator ini khusus untuk kompor dan tabung gas merk Blue Gaz. Bagi anda yang belum punya perlengkapan masak, tidak ada salahnya pilih paket kompor, tabung dan regulator Blue Gaz. Regulator ini sudah lulus uji SNI, standar keamanan Eropa dan bergaransi 2 tahun.

Pengamannya berbentuk ulir yang lebih kuat dan anti bocor. Dilengkapi safety lock pada tombol knop agar aman bagi anak-anak. Terakhir, ada fitur safety ball yang otomatis tutup aliran gas saat ada kebocoran atau selang terlepas dari kompor.

Harga: Rp 174.900

Lihat di Lazada PROMO: Regulator Blue Gaz

Memilih regulator yang tepat sama sekali tidak sulit. Walau banyak regulator yang murah dan abal-abal, jangan sampai korbankan keselamatan keluarga. Jadi, mau beli yang mana?

7 Regulator Gas Terbaik & Tips Memilih yang Berkualitas
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 2 votes