Penulis: Windy | Editor: Ria

Banyak sekali kejadian kebakaran yang disebabkan karena ledakan kompor gas. Seringnya, ledakan terjadi hanya karena hal-hal kecil yang terlihat sepele tapi berdampak sangat besar. Misalnya, kebocoran pada selang atau tabung gas.

Hal-hal kecil sepele tersebut seharusnya bisa dihindari asalkan anda teliti dalam menjaga keamanan kompor gas. Berikut beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan dan lakukan untuk menjaga keamanan kompor gas dan mencegah terjadinya ledakan.

1. Gunakan peralatan standar SNI

Kompor gas dan peralatan yang mendukung disarankan berstandar SNI. Jika anda menggunakan produk dengan label SNI, kemungkinan kecil terjadi ledakan. Apalagi untuk alat pendukungnya, regulator dan selang. Regulator merupakan alat yang sering menjadi penyebab pokok terjadinya ledakan. Jika anda menggunakan regulator berstandar, anda sudah dapat menurunkan resiko kebocoran yang dapat menimbulkan bahaya ledakan.

2. Perhatikan tabung gas

Saat membeli tabung gas, perhatikan kondisi fisik tabung. Kalau menemukan karat atau kerusakan lebih dari 30% pada tabung, sebaiknya anda minta ganti. Tak lupa, logo SNI, Pertamina atau Depnaker, serta segel pada tabung gas juga perlu anda cek keberadaannya. Jika kondisi fisik tabung gas ini luput dari perhatian resiko kebocoran gas meningkat.

3. Peletakkan kompor dan tabung gas

Meletakkan kompor dan tabung gas sebaiknya harus di tempat yang datar untuk menurunkan risiko kebocoran. Selain itu, sebaiknya dapur memiliki ventilasi udara atau jendela yang baik dan jauh dari aliran listrik, agar kalau terjadi kebocoran, bau gas tidak terjebak di dalam ruangan.

4. Bersihkan kompor secara rutin

Karena digunakan setiap hari, perawatan rutin pun perlu dilakukan pada kompor gas. Bersihkan kompor bagian bawah dengan lap atau spons yang sudah diberi sabun. Kemudian, jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi regulator dan selang yang digunakan. Jika terlihat berkarat, ada retak serta terlihat gelembung sabun membesar, sebaiknya anda segera menggantinya.

Baca juga: Kompor Bersih & Awet dengan 7 Langkah Praktis Berikut

5. Ketahui yang harus anda lakukan kalau bau gas tercium

Jika sudah melakukan 4 hal di atas, kemungkinan terjadi kebocoran memang rendah. Namun, anda perlu tahu apa yang harus dilakukan jika ada bau gas tercium akibat kebocoran gas. Hindari menyalakan listrik serta hindari menghidupkan kompor. Kemudian, lepas regulator dan buka pintu serta jendela agar udara dalam ruangan dapat mengalir keluar.

Karena sudah tahu bagaimana menjaga kompor gas tetap aman, yuk lebih teliti lagi dalam membeli dan merawat kompor gas, tabung gas, serta regulatornya. Kalau alat yang digunakan sudah aman, masak pasti akan terasa lebih nyaman, kan?