Penulis: Tia

Kalau ditanya, apa peralatan dapur yang paling penting, saya tidak ragu untuk menjawab: kompor gas. Bagaimana tidak? Tanpa ada kompor gas, semua masakan jelas tidak akan bisa matang.

Karena merupakan peralatan dapur terpenting, anda harus benar-benar memilih dan membeli kompor gas terbaik supaya dapat dipakai untuk waktu yang lama. Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli kompor gas? Berikut tips dan  rekomendasi kompor gas terbaik untuk membantu anda.

Tips membeli kompor gas

1. Perlu berapa tungku?

Hal pertama yang perlu anda perhatikan saat akan membeli kompor gas adalah jumlah tungku yang dibutuhkan. Kalau anda tinggal sendirian dan tidak terlalu sering memasak, kompor dengan 1 tungku bisa jadi pilihan karena lebih ekonomis, tepat guna, dan tidak makan tempat. Namun, kalau anda rutin memasak setiap hari untuk keluarga, anda perlu membeli kompor dengan 2 tungku.

Baca juga: 7 Tips Membersihkan dan Merawat Kompor

2. Pilih yang terbuat dari stainless steel dengan burner kuningan

Material penyusun kompor gas juga merupakan hal penting untuk diperhatikan. Pilihlah kompor gas yang body-nya terbuat dari bahan stainless steel karena lebih kokoh dan tidak mudah berkarat. Sehingga, kompor gas dapat berumur lebih panjang dan stabil saat digunakan memasak.

Pilih pula burner atau tempat keluarnya api yang terbuat dari material kuningan. Burner yang terbuat dari kuningan dapat menyebarkan panas dengan lebih maksimal. Jadi, masakan pun cepat matang.

Baca juga: 4 Tips Menghemat Penggunaan Gas LPG

3. Perhatikan jarak antar tungku

Kalau anda memutuskan untuk membeli kompor gas dengan 2 tungku, jarak antara kedua tungku perlu dijadikan pertimbangan. Pilihlah kompor gas dengan jarak antar tungku cukup lebar, kira-kira seukuran tungku itu sendiri. Adanya jarak ini, membuat anda bisa memasak langsung di kedua tungku dengan lebih nyaman, walaupun menggunakan wajan yang cukup besar.

4. Pastikan memiliki garansi resmi dan logo SNI

Setelah menemukan kompor gas dengan spesifikasi yang tepat, pastikan kompor gas tersebut memiliki garansi resmi dari perusahaan langsung, bukan hanya dari toko. Dengan adanya garansi resmi, kompor gas anda sudah terjamin kalau terjadi kerusakan dari proses produksi. Pilih kompor gas dengan garansi minimal 1 tahun.

Selain garansi, pastikan juga ada logo SNI pada kompor gas yang akan anda beli. Adanya logo ini, menandakan bahwa kompor gas tersebut sudah lolos standar kelayakan nasional dan aman untuk digunakan.

Baca juga: 5 Tips Keamanan Kompor Gas

5 rekomendasi kompor gas terbaik

5. Miyako KG 101C

Image: Lazada

Anda mencari kompor gas dengan 1 tungku? Miyako KG 101C bisa jadi pilihan yang tepat. Bukan hanya karena harganya yang terjangkau, kompor gas ini juga sudah cukup lengkap fungsi serta fiturnya.

Miyako KG 101C menggunakan LPG dengan tekanan yang rendah, sehingga lebih hemat dan ekonomis. Body-nya terbuat dari bahan stainless steel berlapis deep drawing powder black yang kokoh dan anti karat. Komponennya pun bisa dilepas, jadi kompor gas ini sangat mudah untuk dibersihkan.

Harga: Rp 150.080

Lihat di Lazada DISKON: Miyako KG 101C

4. Cosmos CGC 139

Image: Lazada

Salah satu keunggulan dari Cosmos CGC 139 dibandingkan kompor gas 1 tungku lainnya adalah burner sudah terbuat dari bahan kuningan dan menghasilkan api yang biru. Tidak heran jadinya, kalau memasak dengan kompor gas ini, masakan anda lebih cepat matang dengan merata.

Untuk body-nya, Cosmos CGC 139 terbuat dari material stainless steel yang kokoh dan dilapisi lapisan anti lengket. Sehingga, kompor gas ini tidak mudah berkarat dan makanan yang tercecer tidak akan lengket di permukaannya.

Harga: Rp 207.000

Lihat di Lazada DISKON: Cosmos CGC 139

3. Rinnai RI 302S

Image: Lazada

Walaupun harganya termasuk murah dan terjangkau, fitur dari kompor gas Rinnai RI 302S ini tidak sembarangan. Memiliki 2 tungku, masing-masing tungkunya mampu menopang beban hingga 20 kg.

Rinnai RI 302S juga dilengkapi dengan teknologi Sun Burner. Dengan teknologi ini, anda dapat memasak dengan gas lebih hemat 20% dan juga ramah lingkungan karena menghasilkan karbon lebih rendah dari standar.

Harga: Rp 339.000

Lihat di Lazada DISKON: Rinnai RI 302S

2. Winn W288

Image: Lazada

Winn W288 termasuk salah satu kompor gas dengan api biru yang cantik. Dengan api biru ini, makanan yang anda masak dapat matang dengan lebih cepat. Alhasil, penggunaan gas pun menjadi hemat.

Tidak hanya hemat gas, Winn W88 juga sangat tahan lama karena body-nya terbuat dari material stainless steel  yang kokoh, kuat, serta anti penyok. Permukaan kompor gas ini pun tidak lengket dan komponennya mudah dilepas, sehingga cukup mudah untuk dibersihkan.

Harga: Rp 325.000

Lihat di Lazada DISKON: Winn Kompor Gas W288

1. Quantum QGC 201 EMP

Image: Lazada

Keunggulan Quantum QGC 201 EMP bisa dilihat dari bentuk tungkunya yang memiliki 5 buah penyangga. Dengan penyangga yang lebih banyak, wajan dan panci akan lebih stabil. Anda pun dapat memasak dengan lebih nyaman.

Quantum QGC 201 EMP dilengkapi dengan burner dari kuningan yang efisiensinya mencapai 65,32%. Membuat kompor ini sangat hemat gas dan ekonomis. Body-nya yang terbuat dari stainless steel turut menambah nilai plus Quantum QGC 201 EMP.

Harga: Rp 330.000

Lihat di Lazada DISKON: Quantum QGC 201 EMP

Dari rekomendasi di atas, sudah tahu mau beli kompor gas yang mana? Pada dasarnya, seluruh kompor gas memiliki kualitas yang sama bagusnya. Namun, saran saya, pilihlah yang efisiensinya cukup tinggi, burner terbuat dari kuningan, dan menghasilkan api biru. Sehingga, proses memasak jadi lebih cepat, ekonomis, dan hemat gas.