(Image: Juliescleaningfw)

Penulis: Dara.M | Editor: Ria

Selain mencuci piring dan peralatan masak kotor, satu pekerjaan lagi yang sangat malas kita lakukan adalah membersihkan kompor. Padahal kompor yang digunakan pasti tidak luput dari kotoran, baik ceceran makanan, luapan kuah atau yang lainnya. Walaupun terlihat sepele, kompor yang jarang dibersihkan akan berdampak pada aliran gas yang tidak lancar serta nyala api kurang maksimal, akibat tersumbat kotoran, lho.

Untuk itu, simak tips cara membersihkan kompor dengan praktis di bawah ini agar kompor bersih, mampu bekerja maksimal, dan tahan lama.

1. Bersihkan Badan Kompor

Badan kompor merupakan bagian kompor yang sering banget terkena kotoran, nih. Tak perlu khawatir, karena cara membersihkannya cukup mudah hanya dengan menggunakan lap kering. Tapi jangan menunggu hingga kotoran sudah menumpuk dan mengerak, baru akan dibersihkan, ya. Karena selain akan semakin sulit untuk dibersihkan, badan kompor yang kotor juga akan menjadi sarang kuman sehingga menguarkan bau-bau yang nggak sedap. Jadi, setiap selesai masak harus selalu bersihkan badan kompornya, ya.

2. Lepas Tombol Kompor

Kalau pembaca ResepKoki pernah kesulitan dalam memutar tombol kompor, itu bisa dikarenakan bagian dalamnya kotor. Segera bersihkan dengan cara merendam tombol kompor yang telah dilepas, ke dalam air sabun hangat, ya. Rendaman air sabun ini akan membantu mengangkat noda-noda pada tombol kompor, lho. Kalau nodanya masih menempel, kamu gunakan sabut cuci atau sikat halus untuk menggosoknya. Sambil menunggu rendaman, kamu dapat mengelap bagian badan kompor agar lebih hemat waktu.

3. Bersihkan Tungku Kompor

Nah, bagian tungku kompor biasanya paling banyak terkena lemak noda makanan. Tenang saja guys, kamu bisa gunakan sikat halus yang telah ditambahkan sabun pencuci piring lalu sikat ke semua sisi tungku kompor (yang telah dilepas). Setelah disikat, jangan lupa untuk keringkan terlebih dahulu sebelum diletakkan kembali ke kompor agar air tidak menetes ke celah-celah kompor.

4. Bersihkan Corong Api

Kompor yang mengeluarkan api tidak biru sempurna, bukan saja karena gas yang akan habis, lho. Tetapi juga bisa dikarenakan corong apinya yang kotor. Jangan membiarkan corong api kotor karena akan membuat proses masak kamu menjadi lebih lama dan boros gas. Segera bersihkan corong apinya dengan melepas kawat pengikatnya dan rendam dalam campuran 1 sdm cuka dengan satu gelas air panas selama 2-4 jam. Setelah itu, sikat hingga terlihat warna asli dari corong api tersebut. Kamu bisa gunakan sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai, kok. Asik, corong apinya bisa terlihat seperti baru, nih!

5. Bersihkan Bagian Bawah Tungku Api

Karena terletak di bagian bawah, bukan berarti kamu mengabaikannya begitu saja. Bagian bawah tungku juga harus dibersihkan. Kamu hanya perlu menuang sabun cuci piring ke atas spons basah yang lalu diperas hingga setengah kering. Gunakan banyak sabun jika noda lemaknya membandel, ya. Setelah itu, jangan lupa untuk lap kembali dengan menggunakan handuk bersih dan kering.

6. Bersihkan Selang Gas

Sering mendengar kebocoran selang gas yang menyebabkan kebakaran? Ternyata, dengan membersihkan rutin selang gas ini, kamu sekaligus bisa cek ada tidaknya kebocoran, lho. Makanya, harus sering-sering dibersihkan. Tapi sebelum membersihkannya, kamu harus melepaskan selang gas dengan mencabut terlebih dahulu regulator yang terpasang.

Kemudian, bersihkan permukaan selangnya dengan lap atau spons yang telah diberi air sabun. Pada bagian yang bocor, akan terlihat gelembung sabun yang membesar. Jadi, kamu bisa mengantisipasi jika ada kebocoran selang gas dan dapat langsung menggantinya, deh. Pastikan selang gas jauh dari permukaan panas dan tidak dalam posisi tertekuk untuk mencegah sobek dan kebocoran selang juga, ya.

7. Letakkan Kembali Bagian Kompor dalam Keadaan Kering

Lap kering seluruh bagian kompor yang telah kamu bersihkan baru letakkan kembali pada tempatnya, ya. Sekarang kompor sudah bersih dan terlihat seperti baru, kan.

Bagaimana? Mudah kan cara membersihkan kompor? Jadi mulai sekarang, mari selalu bersihkan kompor secara rutin. Selain menjadi awet, kompor juga akan lebih optimal dalam bekerja dan membuat masakmu terasa menyenangkan. Ayo bersih-bersih!