Penulis: Windy | Editor: Ria

Saya adalah penggemar ikan. Setiap kali makan di restoran seafood, menu ikan tidak pernah luput untuk dipesan. Tidak hanya dimasak utuh, ikan juga sering diolah dengan dipotong jadi aneka bentuk. Sehingga tampilannya pun jadi lebih menarik. Aneka potongan ikan ini ternyata juga berpengaruh dalam peresapan bumbu saat dimasak, lho.

1. Fillet

indiamart.com

Jenis potongan ikan paling umum adalah fillet, yaitu potongan ikan tanpa duri. Ikan dengan ukuran besar dan dagingnya tebal cocok untuk di-fillet, seperti kakap putih, tenggiri, dan gurame.

Melakukan fillet sendiri dapat dilakukan asalkan ada pisau yang tajam dan tipis di dapur. Anda cukup memotong melintang dari bagian ekor, lalu tarik hingga ke atas bagian kepala. Pastikan pisau menyentuh tulang ikan sehingga seluruh bagian daging terangkat. Contoh makanan yang menggunakan potongan ikan fillet adalah ikan gurame asam manis.

Coba resep: Ikan Gurame (Fillet) Asam Manis Juara

2. Supreme

chefsteps.com

Jika anda bosan dengan potongan fillets, potongan supreme bisa menjadi pilihan. Semua ikan besar bulat dan pipih, seperti salmon, tuna, dan kakap, bisa dipotong bentuk supreme.

Bentuk potongan supreme mirip dengan fillet. Hanya saja, anda harus menghilangkan kulit dan sisik ikan terlebih dahulu sebelum di-fillet. Lalu, daging ikan dibagi menjadi 2 untuk mendapatkan potongan supreme. Salah satu makanan yang menggunakan potongan ini adalah salmon steak.

3. Butterfly

honest-food.net

Potongan ikan fillet dibentangkan ke dua arah sisinya tanpa kepala. Hampir semua jenis ikan berukuran kecil hingga sedang bisa dipotong bentuk butterfly, seperti ikan nila, selar, sarden, herring, dan belanak.

Potongan butterfly dimulai dengan mem-fillet satu bagian ikan dimulai dari sisi belakang kepala ikan, bagian perut, lalu ke bagian ekor ikan. Ulangi proses tersebut untuk sisi ikan yang satunya. Potongan fillet jangan sampai terputus, agar ikan bisa dibentangkan seperti butterfly. Menu yang dapat dibuat dengan potongan ini salah satunya adalah ikan goreng.

4. Darne

thehealthyfish.com

Potongan darne merupakan potongan yang paling umum dilakukan. Ikan dipotong dengan ketebalan sekitar 1 cm beserta dengan tulang ikannya. Ikan yang biasa digunakan dalam potongan ini adalah ikan yang berbadan bulat, seperti ikan tenggiri dan ikan tongkol.

Untuk mendapatkan potongan ini, anda butuh pisau yang kuat dan tajam lalu potong ikan secara membujur pada bagian yang bisa dimakan dengan ketebalan 1 cm. Contoh masakan yang menggunakan potongan darne adalah gulai ikan, ikan kuah asam, atau pindang ikan.

Coba Resep: Pindang Patin Lezat Istimewa Bebas Bau Amis

5. Dressed dan Pan dressed

worldfishingnetwork.com

Kedua potongan ikan ini paling mudah untuk didapatkan, karena anda hanya perlu menyayat bagian tubuh ikan. Namun sebelumnya, untuk potongan dressed, ikan dibersihkan dulu dari sisik, dikeluarkan isi perutnya, dan potong bagian siripnya. Sedangkan potongan pan dressed, bagian kepala dan ekornya juga turut dihilangkan.

Hampir semua jenis ikan dengan bentuk pipih maupun bulat dapat dimasak dengan potongan ini, kecuali ikan pari. Menu masakan untuk potongan dressed seperti ikan selar balado dan potongan pan dressed seperti saba no shio yaki khas Jepang.

Coba resep: Balado Ikan Kembung Pedas Enak Praktis

Jangan lupa untuk sesuaikan potongan ikan dengan jenis masakan anda. Dengan begitu, bumbu akan lebih meresap dan rasa ikan akan lebih enak.