Penulis : Atsa

Banyak orang suka membuat donat sendiri di rumah. Namun, banyak juga yang bingung untuk cara menghias donat yang cantik dan menarik. Umumnya yang dilakukan hanya memberikan taburan gula halus, atau olesan mentega yang ditaburi meses.

Nah, berikut ini 5 ide kreasi dalam menghias donat yang harus anda coba supaya donat nggak lagi membosankan tampilannya.

Baca Juga : 6 Tips Goreng Donat Agar Mengembang dan Matang Merata

1. Coklat Masak

Image : thesaucela.com

Topping paling simple namun cantik untuk menghias donat adalah dengan lelehan coklat masak. Lelehkan coklat dengan cara ditim dengan api kecil supaya kilau coklat tidak hilang.

Nah, anda bisa menggunakan coklat masak murni (chocolate compound) atau coklat putih yang diberi pasta pewarna makanan supaya menghasilkan donat dengan warna yang cantik. Celupkan salah satu permukaan donat pada coklat yang sudah leleh, dan jadilah topping donat yang mudah namun cantik.

2. Meses Warna

Seperti langkah sebelumnya, donat yang dicelupkan coklat masak bisa juga dikombinasikan dengan meses supaya makin cantik. Coklat leleh akan membuat msses tidak mudah lepas dan menempel pada donat.

Untuk taburan mesesnya, anda bisa memakai meses coklat atau meses warna, sesuaikan saja dengan selera. Taburkan perlahan dan sedikit demi sedikit supaya rapi dan terlihat cantik.

3. Drizzle

Image : kitchendecor.club

Drizzle pada kue atau roti yaitu merupakan teknik menyiramkan bahan kental, misalkan coklat cair, diatas kue. Pada donat drizzle bisa dilakukan dengan menyiramkan coklat cair dengan sendok. Atau supaya lebih mudah masukan coklat cair pada plastik segitiga yang diberi lubang. Siramkan melekuk-lekuk pada topping donat.

Bisa juga membuat drizzle dari coklat putih yang dilelehkan begitu saja, atau diberi pewarna. Alternatif lainnya kalau ingin lebih praktis, bisa juga membuat drizzle dari topping jam atau selai botol yang mudah ditemukan di supermarket.

4. Sprinkle

Image : realfood.tesco.com

Berikutnya yang juga mudah yaitu dengan menaburkan spikel trimit / spikel gula / sugar sprikles di atas donat yang sudah dicelupkan pada coklat masak. Bukan hanya donat akan cantik, saat digigit donat juga akan memberikan sensasi renyah dingin dari spikel. 

Spikel trimit ini mudah ditemukan di toko bahan kue, dan dijual dalam kemasan kecil. Taburkan perlahan dan sedikit demi sedikit di atas donat supaya rapi dan terlihat cantik.

5. Crumble

Image : newsday.com

Kreasi terakhir untuk menghias donat yaitu dengan menaburkan crumble / remahan. Anda bisa menggunakan remahan sereal, atau biskuit yang dihancurkan. Nah, anda juga bisa lebih mengkreasikannya lagi, misalkan pada satu donat setengah bagian menggunakan meses, dan setengahnya lagi crumble.

Bagaimana? 5 tips ini menginspirasi anda untuk membuat donat dan menghias sendiri di rumah, kan. Yuk, buat donat sendiri, dan menghias sendiri sesuai kreatifitas masing-masing.

Baca Juga : Tips Adonan Donat Lembut dan Mengembang

Kreasi Menghias Donat yang Cantik dan Menarik
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 5 (100%) 1 vote