Penulis: Graminda

Pagi hari merupakan waktu yang paling sibuk bagi saya. Dampaknya, saya sering sekali melewatkan sarapan pagi. Tapi untungnya akhir-akhir ini saya sering menyantap overnight oat sebagai sarapan. Sangat praktis dan tidak mengganggu kesibukan saya di pagi hari.

Overnight oat sendiri adalah makanan berbahan dasar oats yang dicampurkan dengan susu dan topping lainnya lalu didiamkan dalam kulkas selama semalaman. Tidak hanya menyehatkan dan memberi energi, overnight oats juga bisa membantu menurunkan berat badan, lho. Makanan ini juga mengandung zat gizi lain seperti vitamin D, asam lemak omega-3, kalsium, vitamins A dan B12. Pantas saja ya cocok bagi yang sedang program diet.

Coba: Resep Overnight Oat

Bagi anda yang ingin mencoba membuat overnight oat, cek beberapa tips berguna berikut ini.

1. Siapkan wadah tertutup yang bersih dan kering

Anda harus memastikan bahwa wadah yang digunakan benar-benar kering untuk menghindari oat menyerap sisa air yang tertinggal di wadah. Selain itu, wadah yang digunakan harus memiliki tutup agar oat tidak menyerap bau dari makanan lain yang tersimpan di kulkas

2. Gunakan oat instan

Tujuan utama pembuatan overnight oat adalah agar dapat diolah secara cepat, karena itu sebaiknya anda menggunakan oat instan agar siap digunakan. Sebenarnya jenis quick cook oat juga dapat digunakan, hanya saja anda perlu memasak oat sekitar 1-3 menit dahulu.

3. Tambahkan topping sesuai selera

Topping overnight oat yang paling populer adalah strawberry, yoghurt dan almond karena mengandung vitamin dan juga protein. Apabila menyukai buah-buahan, anda dapat menambahkan irisan pisang, kurma, ataupun mangga. Selain buah dan yoghurt, selai coklat pun bisa menjadi alternatif topping lain bagi anda yang pencinta coklat.

4. Overnight oat dapat disimpan selama 3-5 hari di kulkas

Waktu terbaik untuk anda menyantap overnight oat adalah 1-2 hari setelah didiamkan dalam kulkas. Namun, overnight oat juga masih layak dimakan setelah maksimal 5 hari disimpan. Anda perlu tahu, semakin lama disimpan makan overnight oat akan semakin kental dan lunak, lho.

Hal yang paling menyenangkan bagi saya saat menyantap overnight oats ini adalah sensasi dingin yang nikmat. Tidak hanya kenyang dan sehat, anda pun akan langsung segar untuk memulai hari. Bagi anda yang sedang berdiet dapat menggunakan susu bebas lemak dan gula rendah kalori. Selamat berkreasi!