Penulis : Atsa

Kue kukus khas pasar tradisional ini nggak pernah habis dimakan zaman. Rasa manis, aroma pandan, dan tekstur yang lembut bikin putu ayu selalu jadi sajian kue favorit untuk segala usia.

Apalagi dengan topping kelapa parut, rasa kue yang manis berpadu dengan gurihnya kelapa bikin kue yang satu ini selalu menggugah selera siapapun yang melihatnya.

Meski mudah ditemukan di pasar, tak ada salahnya coba bikin sendiri di rumah. Yuk, simak cara membuat kue putu ayu yang empuk dan lembut.

1. Panaskan dandang

(Image: Lazada

Langkah paling awal yang perlu dilakukan adalah memanaskan dandang. Membuat adonan putu ayu tidak memakan waktu lama. Karena adonan putu ayu nantinya akan dikukus dalam dandang panas, maka mulailah dengan memanaskan dandang.

Kukus adonan dengan Tupperware Steam It (lihat di Lazada PROMO). Kukusan ini terbuat dari bahan khas Tupperware yang berkualitas, aman, dan tahan panas. Selain itu, anda bisa mengukus sekaligus banyak karena terdiri dari 2 tingkat.

2. Mixer telur dan gula hingga mengembang

Kocok telur, gula pasir, dan SP pengemulsi hingga mengembang dan kaku. Tambahkan juga vanili dan sedikit garam. Pastikan kocok sampai terlihat kaku ya, supaya kue tidak amblas setelah dikukus.

3. Gunakan tepung terigu protein sedang dan maizena

Setelah adonan cair pertama mengembang, masukan tepung terigu dan maizena. Gunakan tepung terigu protein sedang, ya. Tepung dengan protein sedang memang digunakan khusus untuk kue supaya empuk dan lembut.

Masukan tepung sedikit demi sedikit sambil diayak. Selain berfungsi untuk memecahkan tepung yang saling menempel, tepung yang diayak juga memudahkan dalam pencampuran yang merata. Untuk mengaduk adonan, cukup gunakan spatula plastik saja. Aduk dengan cara melipat supaya kue tidak bantat.

4. Campur santan kental, pasta pandan, dan sari pandan

Setelah dua langkah pencampuran sebelumnya selesai, masukan bahan cair yaitu santan kental, pasta pandan, dan sari pandan. Aduk rata.

Sari pandan terbuat dari air dan daun pandan yang diblender kemudian disaring, ambil airnya. Sari pandan digunakan untuk memberikan aroma khas pandan karena pasta pandan hanya memberikan warna hijau.

5. Parutan kelapa menjadi topping

Sebelum menuangkan adonan pada cetakan putu ayu, oles cetakan dengan sedikit minyak. Masukan parutan kelapa terlebih dahulu, ratakan dan padatkan. Kemudian, tuang adonan putu ayu hingga hampir penuh. Lakukan seterusnya hingga adonan habis.

6. Kukus dalam dandang panas selama 20 menit

Atur adonan diatas dandang atau kukusan yang telah dipanaskan. Kukus 20 menit menggunakan api besar hingga matang. Angkat dan dinginkan.

Setelah dingin, baru keluarkan dari cetakan. Putu ayu siap disajikan!

Baca Juga : Resep Putu Ayu

Cara Membuat Putu Ayu yang Empuk dan Lembut
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3.7 (74.29%) 7 votes