Penulis: Dewi.I | Editor: Ria

Kacang merupakan makanan yang bergizi tinggi dan juga lezat. Rasa renyah dari kacang menjadikannya sering dipilih sebagai bahan utama maupun pelengkap suatu sajian makanan. Setelah diolah, kacang bisa dimakan langsung atau dimasak kembali menjadi suatu menu. Ada beberapa jenis kacang yang murah dan sering dikonsumsi yaitu kacang hijau, kacang tanah, kacang tolo, dan kacang kedelai. Yuk, kita bahas tentang keempat jenis kacang tersebut!

1. Kacang Hijau

green-beans
(Image: Koneser)

Kacang yang memang memiliki warna hijau ini mudah ditemukan di pasaran. Biasanya kacang hijau dimasak menjadi bubur kacang hijau atau topping di rempeyek kacang hijau. Tapi, tidak semua kacang hijau mudah untuk diolah menjadi empuk. Pilihlah kacang hijau yang warnanya cenderung buram, berbentuk bulat sempurna, bertekstur keras dan warna hijaunya rata tanpa banyak warna kehitaman. Jika kacang hijau berwarna kehitaman, biasanya kacang tersebut sudah busuk.

Untuk membuat bubur kacang hijau yang empuk, rendam dahulu kacang hijau semalaman, lalu rebus hingga empuk. Jangan lupa menambahkan jahe, sedikit garam, dan daun pandan agar bubur kacang hijau lebih wangi dan enak.

2. Kacang Tanah

kacang-tanah
(Image: Mazarinahg)

Berbeda dengan kacang hijau yang bentuknya kecil, kacang tanah mempunyak bentuk yang lebih oval dan besar. Ada macam-macam kacang tanah yang dijual yaitu kacang tanah yang masih ada cangkangnya, kacang tanah yang sudah dikupas, dan kacang tanah yang sudah dibersihkan dari kulit arinya. Pilihlah kacang tanah yang berwarna coklat muda yang rata, bertekstur renyah dan tidak berlubang.

Banyak olahan makanan yang bisa dibuat dari kacang tanah ini, mulai dari cemilan kacang goreng atau panggang, bumbu kacang untuk gado-gado, dan juga bahan pelengkap di sayur asem. Tips untuk membuat kacang goreng, pilihlah kacang tanah yang bentuknya lebih besar, rendam semalaman dengan air, cacahan bawang putih, dan garam, lalu digoreng di api sedang sambil sering dibalik agar kacang matang merata. Sementara, untuk membuat bumbu gado-gado, sangrailah kacang tanah agar aromanya lebih wangi.

3. Kacang Tolo

kacang-tolo
(Image: Peulvruchten)

Tidak banyak yang mengetahui kacang tolo ini jika tidak dilihat secara langsung. Kacang tolo adalah kacang yang bentuknya seperti ginjal kecil, berwarna agak coklat kemerahan dan mirip kacang kedelai. Bahkan kacang ini sering disebut sebagai kacang kedelai merah. Biasanya kacang tolo diolah menjadi sayur krecek, sayur nangka, atau digoreng lalu dibumbui pedas manis.

Kacang ini cenderung keras maka rendamlah kacang tolo minimal 3 jam dalam air hangat, namun lebih baik direndam semalaman. Kemudian jika ingin digoreng, rebus lagi kacang sebelum digoreng agar kacang menjadi renyah.

4. Kacang Kedelai

susu-kedelai
(Image: Sobatcantik)

Kacang yang sering menjadi bahan pelengkap di bubur ayam dan soto bandung ini mempunyai bentuk yang lebih kecil dari kacang tolo. Kacang kedelai mudah dicari di pasaran. Selain menjadi bahan pelengkap, kacang kedelai merupakan bahan utama dari tahu, tempe, oncom, kecap, tauco, bahkan susu kedelai. Pilihlah kacang kedelai yang bersih, kulit ari belum terlepas, dan memiliki warna kuning pucat yang rata.

Rendamlah kacang kedelai sebelum diolah agar teksturnya menjadi renyah dan garing saat dimakan. Lalu jika ingin digoreng, kecilkan api agar kacang matang merata.

Sebenarnya prinsip dari mengolah semua jenis kacang adalah memilih kacang yang berbentuk sempurna, membersihkannya hingga bersih di air mengalir, direndam selama beberapa waktu, baru kemudian direbus atau dimasak hingga matang. Jadi, say good bye pada kacang yang masih keras setelah dimasak!