Penulis: Tia | Editor: Ria

Kacang merupakan camilan yang tidak pernah membosankan. Untuk menonton bola, mengerjakan tugas, hingga untuk kudapan saat Lebaran. Salah satu olahan kacang yang paling favorit dijadikan camilan adalah kacang bawang.

Saya akui, membuat kacang bawang memang tidak sulit sama sekali. Namun, ada trik-trik khusus yang bisa membuat kacang bawang terasa lebih gurih dan tidak pahit sama sekali. Selain itu, aroma bawangnya juga jadi terasa sangat sedap.

Coba: Resep Kacang Bawang

1. Gunakan kacang tanah yang sudah dikupas

Kacang tanah merupakan bahan utama dari kacang bawang. Supaya proses pembuatan kacang bawang lebih praktis, anda sebaiknya menggunakan kacang tanah yang sudah dikupas hingga kulit arinya.

Kacang tanah kupas ini bisa anda dapatkan dengan mudah kok, baik curah maupun dalam kemasan bermerk. Sebelum diolah, kacang tanah jangan lupa untuk dicuci bersih terlebih dulu untuk menghilangkan kotoran yang ada.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Kacang Tanah Agar Lebih Awet

2. Siapkan bawang putih yang dihaluskan dan yang diiris tipis

Untuk membuat kacang bawang, anda membutuhkan bawang putih dalam 2 bentuk. Yaitu bawang putih yang dihaluskan dan yang diiris tipis. Bawang putih halus akan digunakan untuk bumbu rendaman kacang tanah, sedangkan bawang putih yang diiris tipis akan digoreng kering dan dijadikan campuran kacang.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Tangan

3. Rebus santan bersama bawang putih halus hingga mendidih

Kacang bawang lezat punya rasa gurih dan bawang yang benar-benar meresap sampai ke dalam kacang. Kacang bawang buatan anda juga bisa selezat ini dengan cara membuat bumbu rendaman untuk kacang dari santan dan bawang putih.

Tuangkan santan ke dalam panci dan tambahkan bawang putih halus, gula, serta garam. Aduk rata santan dan bumbu-bumbu, kemudian rebus hingga santan mendidih.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Santan Pecah

4. Rendam kacang tanah dalam bumbu santan

Kacang tanah yang sudah bersih, dimasukkan ke dalam bumbu santan dan diaduk rata. Biarkan kacang terendam selama sekitar 5-10 menit. Merendam kacang tanah dalam bumbu santan ini akan membuat rasa bawang dan gurih benar-benar meresap. Setelah dirasa cukup, tiriskan kacang hingga kering.

Baca juga: Tips Menyimpan Santan Agar Awet

5. Goreng irisan bawang putih hingga kering

Yang pertama kali digoreng saat membuat kacang bawang adalah irisan bawang putih. Tujuannya adalah supaya aroma bawang putih dapat melebur ke minyak dan membuat kacang goreng menjadi lebih sedap.

Goreng irisan bawang putih dalam minyak panas yang agak banyak. Selama digoreng, anda harus rajin-rajin mengaduknya supaya tidak gosong. Seketika warna bawang putih berubah kecoklatan, langsung angkat dan tiriskan hingga minyaknya habis.

Baca juga: 5 Cara Mengupas Bawang Putih Lebih Cepat & Mudah

6. Goreng kacang tanah dengan minyak bekas goreng bawang putih

Setelah seluruh irisan bawang putih digoreng, langsung masukkan kacang tanah ke minyak yang sama dan goreng hingga warnanya berubah kekuningan. Segera angkat kacang tanah dan tiriskan di atas wadah beralaskan koran.

Proses pemasakan kacang tanah masih berlanjut, walaupun sudah diangkat dari minyak. Jadi, jangan sampai anda menggoreng kacang tanah hingga warnanya coklat. Karena, nanti setelah diangkat, warnanya akan berubah menjadi gosong dan rasanya pahit.

Baca juga: 4 Tips Menggoreng Kacang agar Matang Sempurna

7. Campur kacang goreng dan bawang putih goreng; simpan dalam stoples

(Image: Lazada)

Kacang goreng dan bawang putih goreng yang sudah ditiriskan, kemudian dicampur dan diaduk-aduk supaya bawang putih gorengnya tersebar merata. Setelah dirasa suhunya sudah dingin, masukkan kacang bawang ke dalam stoples yang kedap udara, seperti Alibambah Toples Kaca (lihat di Lazada) dengan segel karet pada penutupnya sehingga udara dijamin tidak akan masuk dan membuat kacang bawang melempem.

Baca juga: 5 Cara Memilih Toples untuk Kue Kering

Tahukan anda bahwa ada cara unik untuk menyantap kacang bawang. Yaitu mencampurnya dengan tape ketan. Rasa manis dari tape ketan berpadu sempurna dengan rasa gurih dari kacang bawang dan menghasilkan citarasa yang unik sekali. Patut untuk dicoba!