Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Saat hari raya tiba, anda pasti akan menyimpan kue kering di dalam toples cantik di meja ruang tamu. Namun pernahkah anda menemukan kue kering di dalam toples mudah melempem dan tidak renyah lagi? Jika ya, berarti anda menggunakan toples yang salah. Saya juga pernah mengalami hal seperti itu, padahal toples yang gunakan bentuknya cantik tapi ternyata kue kering di dalamnya mudah melempem. Untuk memilih toples yang tepat untuk kue kering agar awet, saya akan bagikan panduan di bawah ini.

1. Pilih bahan sesuai kebutuhan

Toples yang berbahan kaca biasanya lebih tebal dan lebih kedap udara dibanding toples plastik biasa. Pilih toples kaca yang tebal dan kokoh untuk menyimpan kue kering anda. Namun jika anda punya anak kecil di rumah dan khawatir toples tersenggol kemudian jatuh serta pecah, toples plastik adalah pilihan yang tepat. Pilih toples dengan bahan plastik yang berlabel food grade atau aman bagi makanan.

Baca juga: 4 Tips Menyajikan Kue Kering Saat Lebaran Agar Awet

2. Perhatikan kualitas

Sebelum dipakai, teliti terlebih dahulu toples yang akan anda pakai. Adanya keretakan di dinding toples atau tutup toples yang kurang rapat akan menyebabkan ‘masuk angin’ sehingga kue kering di dalamnya akan lebih mudah melempem. Pastikan tutup toples mudah dibuka untuk kenyamanan saat menikmati isinya. Jika anda memakai tutup toples yang berkaret, pastikan karet masih menempel baik, ya! Karet ini juga bisa melar jika toples sudah berusia lama sehingga akan sulit tertutup rapat atau kedap udara.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kue Kering Anda Tidak Renyah

3. Bersihkan dan keringkan toples

Setelah memilih toplesnya, bersihkan toples dengan air dan sabun lalu keringkan hingga benar-benar kering. Jika tercium bau yang kurang sedap, anda bisa mencucinya dengan tambahan soda kue lalu didiamkan beberapa menit sebelum dibilas. Selain dilap kering, toples juga sebaiknya ditiriskan atau diangin-anginkan hingga benar-benar kering. Toples yang lembab akan memudahkan kue kering jadi melempem dan bahkan berjamur.

Baca juga: 6 Tips Membuat Kue Kering Dalam Jumlah Banyak

4. Jaga kelembapan toples

Setelah toples sudah dipilih, dibersihkan, dan dikeringkan, toples akan siap untuk diisi kue kering. Agar kue lebih tahan lama renyahnya, anda harus menjaga kelembaban toplesnya. Seperti kue-kue kering yang dijual bebas, biasanya kita menemukan bungkusan kecil silica gel di dalamnya. Cara praktis untuk membuat pengganti silica gel adalah dengan membungkus 1 sdt garam dalam kain bersih ukuran kecil. Taruh bungkusan garam ke dalam toples. Kelembapan toples pun pasti akan terjaga.

Baca juga: 6 Tips Memanggang Kue Kering Agar Lebih Enak dan Sukses

5. Simpan di tempat yang sejuk

Langkah terakhir yang tak kalah penting: simpan toples kue anda di tempat yang sejuk, kering, dan tidak terkena paparan langsung sinar matahari agar tidak mudah lembap.

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Kue Kering atau Cookies Agar Tetap Renyah

Toples yang baik tidak hanya memiliki bentuk yang cantik tapi juga berkualitas baik dan bisa menyimpan kue kering agar enak lebih lama. Jangan lupa pastikan kue yang akan anda tata dalam toples sudah benar-benar dingin, ya, jika membuatnya sendiri. Selamat mencoba!