Penulis: Khasanis.A | Editor: Ria

Kunyit merupakan tanaman rimpang serbaguna dari Asia tenggara yang biasa digunakan untuk jamu hingga bumbu masak. Di dunia perdapuran, keberadaan kunyit cukup hits. Bumbu dapur ini tidak hanya menambah rasa dan aroma sajian, tapi juga memberikan warna kuning yang khas. First impression itu penting ya, apalagi pada makanan. Nafsu makan kita seringkali juga dipengaruhi oleh tampilan makanan itu.

Contoh masakan yang mengandalkan kunyit sebagai pemberi warna utama yaitu seperti nasi goreng kuning, nasi kuning, opor ayam kuning, dan ikan patin bumbu kuning. Namun bila tak terlalu lihai saat memasak, kunyit justru bisa menyebabkan cita rasa pahit getir dan langu pada masakan lho. Untuk menghindarinya, simak dan ikuti ya tips berikut ini.

1. Pilih Kunyit yang Tua dan Segar

Ketika anda pergi ke pasar membeli kunyit, pilih kunyit yang tua dan segar. Ciri kunyit yang tua dan segar biasanya umbinya besar, kulitnya tidak kering dan berkeriput, kemudian teksturnya keras sehingga kunyit akan memberikan warna dan aroma yang lebih kuat. Tapi hindari penggunaan kunyit yang terlalu tua, karena rasanya akan pahit.

Baca juga: Tips Memilih, Menyimpan, dan Mengolah Kunyit

2. Bakar

Sebelum dihaluskan, bakarlah kunyit terlebih dahulu. Proses ini bertujuan agar efek getir pada kunyit bisa hilang ketika dimasak. Tapi biarkan kunyit tanpa dikupas kulitnya agar daging kunyit tidak gosong ketika dibakar. Ada tips khusus agar anda tidak kesulitan saat membakar kunyit. Bungkus kunyit dengan aluminium foil dan bakar di atas api kompor menggunakan tusukan sate atau garpu supaya praktis.

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Kuning dari Kunyit

3. Pilih Kunyit Bubuk yang Baik

Jika lebih pilih memakai kunyit bubuk agar tak ribet, belilah kunyit bubuk di penjual yang memang sudah terpercaya. Sebab, kebanyakan penjual mengolah kunyit sisa yang sudah tidak segar untuk dijadikan bubuk. Nah, kunyit yang tidak segar inilah sumber utama rasa pahit dalam masakan berkunyit anda.

Baca juga: 5 Khasiat Kunyit untuk Kesehatan

4. Gunakan kunyit secukupnya

Jangan terlalu banyak menambahkan kunyit pada masakan, karena sudah pasti hasilnya akan getir. Kebanyakan orang menginginkan warna makanan yang kuning wah, tapi lupa bahwa untuk menghasilkannya tentu membutuhkan kunyit yang cukup  banyak. Salah-salah masakan anda malah jadi getir. Jadi, gunakan kunyit secukupnya saja ya.

Selamat mencoba!