(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Sebagai orang yang gemar memasak, saya tentu punya berbagai peralatan masak yang bisa menunjang kegemaran tersebut. Dari semua koleksi peralatan masak saya, sebagian besar berbahan dasar logam. Karena logam terkenal sebagai penghantar panas yang baik, sehingga masakan bisa matang lebih cepat secara merata. Alat masak berbahan logam juga sangat mudah ditemukan, dengan harga yang bisa disesuaikan kantong.

Kekurangan alat masak logam adalah mudah berkerak karena makanan yang menempel di dasar alat masak. Padahal, alat masak bersentuhan langsung dengan makanan. Hati-hati, bisa jadi kontaminasi lho pada makanan. Tampilannya juga jadi kurang menarik. Oleh karena itulah, merawat dan menjaga alat masak berbahan logam sangatlah penting. Ada beberapa bahan dan cara berikut untuk menyiasati serta membersihkannya.

1. Gunakan air cuka

Cara ini bisa dilakukan jika alat masak berkerak dan sulit untuk dihilangkan. Gunakan campuran cuka dan air. Pertama-tama, didihkan campuran air dan cuka dalam alat masak anda yang berkerak, lalu tunggu sampai mendidih. Perlahan-lahan, kerak di dasar alat masak akan terkelupas dengan sendirinya, sehingga anda bisa lebih mudah membersihkannya nanti.

2. Gunakan minyak tanah

Jika alat masak anda terlanjur berkarat, jangan khawatir dulu. Anda masih bisa kok menyiasatinya. Cukup siapkan minyak tanah, lalu oleskan pada bagian alat masak yang mulai berkarat atau bernoda hitam. Diamkan selama beberapa saat, lalu cuci dengan sabun colek/krim untuk menghilangkan bau minyak tanah. Khusus cara ini, cuci alat masak berkali-kali sampai bau minyak tanah benar-benar hilang.

3. Cuci segera alat masak setelah digunakan

Salah satu hal termudah yang bisa anda lakukan untuk merawat alat masak berbahan dasar logam yang anda miliki adalah dengan langsung mencucinya setelah digunakan. Karena noda yang menempel pada alat masak akan lebih mudah dibersihkan. Hindari mendiamkan alat masak yang kotor selama berhari-hari, karena hal tersebut justru hanya akan membuat noda mengeras dan semakin sulit untuk dibersihkan.

4. Keringkan alat masak dan simpan dengan benar

Setelah alat masak anda dicuci, keringkan dengan cara ditiriskan sampai airnya surut. Jika ingin lebih cepat, anda bisa mengelapnya dengan lap kering yang bersih. Jika sudah kering, simpan alat masak dengan posisi telungkup. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi bagian dalam alat masak dari debu dan kotoran yang ada di udara.

Jika bisa merawatnya dengan benar, maka alat masak berbahan dasar logam milik anda bisa tetap terawat dan aman untuk digunakan jangka panjang. Anda pun bisa lebih hemat karena tidak harus sering membeli alat masak yang baru.

4 Tips Membersihkan & Merawat Alat Masak Logam
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)