Penulis: Tia | Editor: Ria

Keberadaan saringan logam di dapur memang sering lupa diperhatikan. Setelah digunakan, ditaruh begitu saja di sebelah kompor. Lalu, tidak lama kemudian, saringan logam sudah berkarat dan banyak sisa makanan membandel yang tidak bisa dibersihkan. Akhirnya, saringan logam harus dipensiunkan dan beli yang baru, deh.

Tanpa sadar, saringan logam selalu kita pakai setiap hari. Perannya cukup penting di dapur, terutama kalau anda suka sekali memasak goreng-gorengan. Untuk itu, saringan logam juga perlu dirawat dan dijaga kebersihannya supaya tahan lama.

1. Gunakan saringan yang berbeda untuk olahan rebus dan goreng

Sebaiknya, anda memang perlu memiliki 2 saringan logam di dapur anda. Yang 1 untuk olahan rebus dan yang 1 lagi untuk olahan goreng. Kenapa? Soalnya, penggunaan saringan logam secara bersamaan ini dapat membuatnya menjadi kurang awet.

Saringan akan sering sekali dipakai dalam sehari dan kemudian dicuci serta digosok berkali-kali pula agar bersih dari kotoran. Namun, terlalu sering digosok ini akan mengikis lapisan logam saringan dan akhirnya mudah berkarat. Selain itu, penggunaan secara bersamaan juga dapat memunculkan bau kurang sedap pada saringan logam.

Maka dari itu, penggunaan saringan logam secara terpisah cukup diperlukan. Untuk olahan rebus, anda bisa menggunakan saringan logam yang memiliki lubang kecil. Sementara untuk olahan goreng, saringan logam yang lubangnya agak sedikit besar dapat menjadi pilihan.

Baca juga: 4 Tips Membersihkan & Merawat Alat Masak Logam

2. Setelah dipakai, harus langsung dibersihkan menggunakan sikat gigi

Hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam merawat saringan logam adalah kebersihannya. Setelah dipakai, saringan logam harus segera dibersihkan supaya kotoran tidak semakin erat menempel dan meninggalkan bau tak sedap.

Jika habis digunakan untuk memasak yang tidak terlalu berat, seperti menyaring sayuran rebus, saringan bisa dibersihkan dengan cara dibilas saja di bawah air mengalir. Namun, jika habis digunakan untuk menyaring mie, pasta, atau gorengan yang lengket, anda perlu membersihkannya dengan sabun.

Caranya, tuangkan sabun cuci ke atas sikat gigi bekas, basahi dengan air, lalu gosokkan ke permukaan dan sela-sela saringan logam. Pelan-pelan saja supaya tidak merusak lapisan logamnya. Yang penting, saringan logam bersih dari sisa makanan yang menempel. Setelah bersih, bilas kembali dengan air mengalir.

Baca juga: 5 Cara Mencuci Piring yang Benar dan Bersih

3. Rebus saringan dalam air mendidih setiap 2 minggu sekali

Walaupun sudah rajin dibersihkan setiap habis digunakan, tidak menutup kemungkinan kalau masih ada sisa makanan dan bakteri yang menempel pada saringan logam. Untuk merawat kebersihan dan kehigienisannya, rebuslah saringan logam dalam air mendidih secara rutin. Paling tidak 2 minggu sekali.

Rebuslah air dalam panci yang ukurannya lebih besar dari saringan logam. Anda tidak perlu menambahkan sabun cuci atau cairan pembersih lainnya. Cukup air saja. Setelah mendidih, masukkan saringan logam hingga bagian yang menyerupai mangkuk terendam. Bagian gagangnya tidak perlu ikut dimasukkan supaya anda mudah mengangkatnya. Biarkan saringan logam direbus sekitar 2-3 menit. Angkat dan biarkan kering dengan diangin-anginkan saja.

Baca juga: 7 Tips Merawat Sendok dan Garpu agar Bersih, Tahan Lama & Tidak Berkarat

Mudah kan ternyata merawat saringan logam? Dengan merawatnya, saringan logam tidak hanya awet dan bersih saja, tetapi juga memudahkan anda dalam memasak. Oh iya,  peralatan dapur lainnya jangan lupa dirawat juga, ya!