Penulis: Ria.C

Kesuksesan berkiprah di dapur selain ditunjang oleh kemampuan, juga ga luput dari bantuan alat-alat dapur yang ada. Bukan berarti alat dapur harus lengkap ya, tapi alat dapur yang dimiliki haruslah fungsional dan tepat sasaran. Berikut ini adalah alat-alat dapur yang penting, namun seringnya kelewatan belum teman-teman miliki.

1. Peeler

peeler

Di dapur tradisional, alat ini seringnya diabaikan dan tidak menjadi barang yang wajib dimiliki. Seperti di dapur Ibu saya yang belum memilikinya. Oleh sebab itu, jika disuruh membantu mempersiapkan makan malam, saya selalu skip dan menolak pekerjaan kupas-mengupas. Karena saya bukan orang telaten yang bisa sabar mengupas, tanpa kulitnya putus-putus. Semenjak saya memiliki dapur sendiri, peeler adalah alat andalan saya dan mengupas pun menjadi kegiatan yang menyenangkan. Mengupas apapun menjadi lebih mudah loh, catat ya: apapun. Biasanya digunakan untuk mengupas kentang, wortel, timun, dan buah-buahan. Kalo versi saya nih, peeler di rumah paling sering digunakan untuk mengupas buah pepaya dan buah mangga.

2. Penggeprek bawang putih (Crusher)

garlic-press

Alat yang satu ini belum saya miliki di rumah. Namun sudah masuk dalam daftar belanjaan alat masak bulan depan. Hampir semua masakan rumahan selalu menggunakan bawang putih sebagai bumbunya dan bawang putih yang dihaluskan akan lebih harum dan bercita rasa dibandingkan bawang putih iris. Selama ini, jika ingin menghaluskan bawang putih, saya biasa menggunakan blender milling (kecil), dengan digeprek menggunakan salah satu permukaan pisau di atas telenan, atau diuleg menggunakan cobek. Namun dipikir-pikir, cucian menjadi menumpuk. Apalagi jika hanya menghaluskan 1-2 siung saja. Dengan alat ini, menghaluskan menjadi lebih mudah, tinggal tekan dan keluarlah bawang putih halusnya, tanpa tangan kotor, tanpa kekerasan & berisik, dan tanpa banyak alat-alat kotor.

3. Saringan halus (strainer)

strainer

Saya merekomendasikan teman-teman untuk setidaknya wajib memiliki 2 ukuran, yang kecil dan besar. Ukuran kecil pas banget buat kita yang hobi ngeteh tubruk di pagi dan sore hari, plus dini hari sebagai teman begadang atau pengobat insomnia. Ukuran besar saringan halus ini multi fungsi banget. Misalnya untuk mengayak tepung-tepungan sebelum digunakan, meniriskan hasil rebusan bahan masak ukuran kecil seperti makaroni, kacang-kacangan, dan tauge, atau menyaring susu homemade seperti susu kacang atau kefir. Sssst, satu lagi kegunaan penting buat saya yaitu untuk menyaring hasil rebusan mie instan!

4. Jepitan besi/kayu/silikon (tongs)

tongs

Ini penting banget! Dengan alat ini, tidak ada kejadian cedera atau luka bakar akibat mengambil makanan yang digoreng dalam wajan panas menggunakan sendok atau garpu makan ya. Saya sendiri merekomendasi penjepit yang memiliki ukuran besar serta tinggi sehingga bisa digunakan untuk menggoreng, memanggang, dan sekaligus menyajikan.

5. Parutan kecil

grater

 

Saya yakin nih, semua dapur teman-teman ResepKoki sudah memiliki parutan. Tapi parutan yang dimaksud ini yang berukuran kecil ya, yang tinggi dan ramping. Jika parutan besar di dapur tradisional seringnya dibuat untuk memarut kelapa dan singkong. Sementara saat ini, kita bakal lebih membutuhkannya untuk memarut bahan-bahan dalam jumlah kecil seperti jahe, lengkuas kulit lemon, biji pala, coklat, juga bawang putih.

6. Sutil kayu

suntil-kayu

Jangan pernah melupakan barang jadul ini ya. Ia merupakan sahabat terbaik bagi teflon atau alat masak berpelapis anti lengket lainnya, walaupun posisinya saat ini hampir tergeser oleh alat berbahan silikon. Selain itu, sutil kayu juga nyaman dipegang (ergonomis, kalau bahasa modern-nya nih) serta kokoh dan mantap jika digunakan. Sampai saat ini, saya lebih senang menggunakan alat ini untuk mayoritas proses di dapur, seperti mengaduk bubur, membuat nasi goreng, membuat tumisan, bahkan menyendok nasi dari rice cooker. Sssst, taruh sutil kayu ini melintang di atas panci, maka ini akan mencegah masakanmu membludak keluar karena mendidih. Ajaib kan?

Itulah tadi beberapa alat yang sepele namun penting untuk dimiliki dan bakal mempermudah pekerjaanmu di dapur. Adakah yang terlewat? Teman-teman ResepKoki bisa menambahkan atau menyebutkan alat masak lainnya di kolom komentar di bawah ini.