(Image: Shutterstock)

Penulis: Nabilla.M | Editor: Ria

Alat masak berbahan silikon sepertinya terlihat mudah untuk dibersihkan. Namun sebenarnya tidak semudah yang dipikirkan, loh. Jika salah membersihkan, bisa membuat cetakan menjadi cepat rusak. Saya pun pernah membuat cetakan silikon di rumah mengelupas karena sembarangan mencucinya. Waktu itu saya menggunakan spons besi untuk menggosok cetakan, karena pikir saya akan lebih mudah dan cepat membersihkan. Ternyata itu merupakan cara yang salah. Sekarang, saya jadi lebih berhati-hati setelah tahu tips dan triknya seperti berikut ini.

1. Air panas

Ini merupakan cara yang sangat mudah dan simple. anda dapat menggunakan air panas dan sabun penghilang lemak. Ini dilakukan untuk menghilangkan sisa minyak yang menempel pada cetakan anda. Rendamlah cetakan dengan air panas selama beberapa menit. Kemudian mulailah menggosok hingga bersih ya. Oh ya, sebaiknya anda juga mencucinya berulang kali, agar hasilnya menjadi lebih bersih. Jika tak tahan dengan air panas, anda tentu bisa menggunakan sarung tangan karet khusus untuk mencuci yang banyak dijual di pasaran.

2. Panaskan

Cara kedua adalah dengan memanaskan cetakan silikon anda yang kotor. Jika ada mendapati sisa-sisa kue yang mengering dan menempel pada cetakan anda, masukkanlah cetakan tersebut ke dalam oven bersuhu 180°C dan panaskan selama kurang lebih 10 menit. Lalu anda dapat merendamnya terebih dahulu ke dalam air panas selama beberapa saat. Setelah itu baru anda dapat membersihkannya dengan sabun sampai kotoran menghilang dengan sempurna.

3. Gunakan Baking Soda

Jika sudah mengikuti kedua cara di atas tapi tetap ada lapisan tipis lemak/minyak yang membandel, maka anda bisa coba cara yang satu ini. Selain bisa digunakan untuk membuat kue, baking soda juga dapat dipakai untuk membersihkan cetakan silikon. Langkah pertama adalah dengan mengoleskan baking soda pada noda membandel di cetakan silikon. Kemudian cukup diamkan selama 5 menit agar mengering.  Terakhir, cuci seperti biasa dengan air panas dan sabun hingga bersih.

4. Jangan Menggunakan Spons/Sikat Besi

Dalam membersihkan cetakan silikon, kita juga harus tahu alat yang tepat untuk digunakan. Sebaiknya anda tidak menggunakan sikat/spons besi untuk menggosok cetakan. Sikat besi memiliki tekstur yang kasar dan dapat menyebabkan terkelupasnya lapisan silikon bahkan lapisan anti lengketnya. Bukannya hasil bersih yang didapat, cetakan anda bisa saja malah jadi rusak. Oleh karena itu, gunakanlah spons atau sikat yang halus yah.

5. Jangan Melapisi Cetakan dengan Mentega/Minyak

Terakhir, hindari mengolesi mentega dan minyak pada cetakan anda. Pada dasarnya, cetakan berbahan silikon ini sudah anti lengket. Sehingga jika anda melapisinya dengan mentega atau minyak, maka akan membuat cetakan sangat berminyak dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencucinya.

Cetakan silikon membutuhkan perawatan khusus untuk membersihkannya. Dengan tahu tips dan triknya, anda pun akan lebih mudah mencucinya. Selain menjadi lebih bersih, cetakan anda akan lebih awet nantinya.  Cara-cara tersebut juga sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk anda.

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi