Penulis : Atsa

Anda memiliki pemanggang roti atau toaster di rumah? Alat yang satu ini memang perlengkapan rumah tangga yang memudahkan kita untuk menyediakan roti panggang di pagi hari dalam sekejap secara instan tanpa takut gosong.

Untuk yang juga ingin membelinya tapi ragu, mungkin karena bingung bagaimana cara membersihkannya, ya? Bahkan yang sudah punya sekalipun belum tentu tahu cara membersihkannya dengan benar. Yuk, pelajari cara mudah membersihkan pemanggang roti supaya lebih awet, dan selalu bersih setiap hari.

Sebelumnya, pastikan pemanggang roti dalam kondisi mati dan kabelnya tidak terhubung ke sumber listrik, ya. Pastikan pemanggang roti juga dalam keadaan dingin. Kalau pemanggang baru saja digunakan, biarkan setidaknya satu jam dahulu untuk memastikan pemanggang benar-benar telah dalam keadaan dingin.

Baca Juga : 7 Pemanggang Roti Terbaik & Tips Memilihnya

1. Bersihkan baki penampung remah

Image result for crumb tray TOASTER
Image : www.appliancist.com

Beberapa pemanggang roti memiliki komponen crumb tray di bagian bawah yang berfungsi sebagai wadah penampung remah roti. Jika pemanggang anda memiliki crumb tray, tarik perlahan untuk mengeluarkan wadah penampung tersebut, lalu buang semua sisa remah roti yang ada.

Bersihkan crumb tray dengan sabun cuci piring. Untuk bagian yang sulit dijangkau, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Kemudian, bilas secara menyeluruh dan pastikan crumb tray telah kering sempurna sebelum dipasang kembali pada pemanggang roti.

2. Balik dan goyang perlahan pemanggang roti

Jika pemanggang roti anda tidak memiliki crumb tray, cukup balikkan pemanggang lalu goyang-goyangkan perlahan dengan hati-hati sampai remah-remah rotinya berjatuhan. Lakukan proses ini di atas wadah yang telah diberi alas koran, supaya remah tersebut mudah dibuang dan nggak bikin kontor meja atau lantai.

3. Gunakan kuas kecil lembut

Image : www.passionatemae.com

Remah roti ini biasanya tertinggal di sela-sela pemanggang roti. Gunakan kuas kecil yang lembut untuk menjangkau sudut-sudut yang sempit di tepi pemanggang yang sulit dibersihkan.

Balik atau miringkan pemanggang supaya remah-remah roti mudah keluar. Sapukan kuas berkali-kali sampai remahan keluar semua dari pemanggang.

4. Bersihkan bagian luar

Selanjutnya, bersihkan bagian luar pemanggang dengan campuran sabun cuci piring dan air yang dituangkan sedikit pada lap kain bersih. Ya, bukan cuma bagian dalam pemanggang saja yang perlu dibersihkan, supaya selalu terlihat bersih maka bagian luar pemanggang juga harus dibersihkan.

Seka seluruh bagian luar pemanggang hingga bersih. Gunakan kuas lembut atau sikat gigi untuk membersihkan bagian luar pemanggang yang sulit terjangkau kain.

Baca Juga : Tips Menyimpan Roti Agar Lebih Tahan Lama

Pastikan untuk membersihkan seluruh sisi pemanggang hingga bersih. Saat membersihkan, pastikan tempat roti dan logam pemanas pada pemangang roti tidak terkena air, ya.

Tips Merawat dan Membersihkan Pemanggang Roti
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)