(Image: Runeatrepeat)

Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Nyebelin memang, kalau peralatan masak yang akan dipakai ternyata berkarat. Banyak hal yang bisa bikin alat masak jadi berkarat misalnya karena penyimpanan yang salah,  pencucian yang kurang bersih, atau bahan baku alat yang kurang berkualitas. Padahal karat bisa membuat alat masak kita cepat bolong dan juga kurang sehat karena tidak higienis.

Untuk pencegahan, belilah selalu alat masak dari bahan yang berkualitas dan langsung mencuci alat masak jika kotor setelah digunakan. Cuci bersih dengan sabun pencuci piring anti lemak, lalu segera keringkan hingga kering. Kalau mau disimpan, oleskan dulu minyak sayur di alat masaknya dan lapisi dengan kertas atau kain sebelum menumpuknya dengan alat masak lain.

Kalau terlanjur berkarat? Tenang, yuk kita pakai bahan-bahan sederhana yang ada di dapur untuk menghilangkan karatnya.

1. Cuka dan Garam

Dimulai dari cuka dan garam yang pasti ada di dapur, kedua bahan ini bisa dipakai untuk menghilangkan karat. Caranya, campurkan dua sendok makan cuka dengan setengah sendok makan garam, lalu oleskan di bagian yang berkarat dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, gosok dengan sabut besi dan sabun cuci piring seperti biasa. Jika karatnya susah hilang, kamu bisa merendamnya semalaman terlebih dahulu.

2. Perasan Lemon dan Soda Kue

Sama seperti cuka, lemon yang bersifat asam sama-sama bisa menghilangkan karat. Caranya, peras 1 buah lemon lalu campurkan dengan 2 sendok teh soda kue. Oleskan di bagian berkarat, diamkan selama 30 menit, lalu gosok deh sampai bersih. Kalau nodanya bandel, rendam alat masak dengan campuran ini yang sudah diberi air hangat. Diamkan lebih lama, ya, sekitar 1-2 jam.

3. Kentang

Pernah nggak punya pisau berkarat? Pisau biasanya lebih mudah berkarat apalagi kalau terbuat dari bahan yang bukan stainless steel asli. Nah, kentang bisa jadi bahan selanjutnya yang bisa dipakai buat menghilangkan karat. Caranya, tusukkan pisau ke dalam kentang, diamkan semalaman. Besok paginya, oleskan soda kue di pisaunya, lalu gosok dengan sabut besi sampai bersih. Pasti karatnya bisa hilang dengan mudah.

4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda ternyata bisa juga lho menghilangkan karat pada alat masak. Caranya, rendam alat masak semalaman dengan minuman bersoda, besok paginya karat pasti luntur dan gampang dibersihkan.

Oya, sesuaikan jumlah bahan yang akan dipakai untuk menghilangkan karat dengan banyaknya karat yang ada di alat masak. Kalau karatnya banyak tapi bahan penghilang karatnya sedikit, sudah pasti karatnya susah hilang.

Kita juga bisa pakai bahan penghilang karat yang biasa dibeli di toko besi, jika ingin karatnya cepat hilang. Tapi hati-hati saat menggunakannya, ya. Penggunaan yang kurang hati-hati malah bisa bikin kulit tubuhmu iritasi karena bahan kimia ini bersifat keras. Selalu ikuti petunjuk pemakaian yang ada di label produk biar tetep aman. Meskipun gampang digunakan dan lebih cepat bersih, penghilang karat ini nggak selalu tersedia di dapurmu. Harganya juga lumayan mahal. Jadi lebih baik manfaatkan bahan-bahan sederhana yang sering ada di dapur dulu supaya karatnya cepat teratasi dan lebih hemat tentunya. Sehingga alat masakmu pun juga bisa lebih cepat digunakan kembali.

4 Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Alat Masak
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)