Penulis: Manggarayu

Jajanan pasar Indonesia tak lepas dari bahan tepung. Selain tepung beras, tepung ketan juga sering digunakan di berbagai daerah. Sesuai namanya, tepung ketan punya rasa ketan yang khas. Tekstur kue yang dihasilkan pun lebih kenyal dan pulen, bahkan tanpa tambahan banyak tepung tapioka atau kanji.

Ada dua jenis tepung beras ketan di Indonesia, yakni tepung ketan putih dan tepung ketan hitam. Tepung putih lebih sering dipakai, tapi tepung ketan hitam pun tak kalah nikmatnya. Mau tahu apa saja kue basah dari tepung ketan? Cek yang satu ini!

1. Klepon

Bentuknya bulat dengan taburan kelapa parut. Ketika digigit, saus gula merah akan meleleh di lidah anda. Yup, itulah klepon dari Jawa Tengah. Kue ini terasa kenyal sekaligus lembut dalam satu gigitan. Klepon bisa dibuat dengan berbagai warna, tapi versi klasiknya adalah warna hijau dari sari daun suji/pandan. Bahannya pun sederhana, yakni tepung ketan putih, pewarna alami, air hangat/air kapur sirih/santan, dan garam secukupnya. Semua bahan dicampur hingga adonan bisa dipulung dan diberi isian.

2. Onde Onde

Penikmat jajanan kaki lima pasti tak asing dengan kudapan ini. Onde-onde adalah kudapan asal Mojokerto. Kue bulat dengan taburan wijen ini terinspirasi dari kudapan khas Tionghoa, yakni matuan atau jian deui. Jika mereka mengisinya dengan pasta kacang merah atau kacang hitam, orang Indonesia membuat isian pasta kacang hijau yang manis. Hingga kini, onde onde masih sering ditemui saat hari raya Imlek atau sebagai kudapan harian.

3. Bolu Ketan Hitam

kue ketan hitam

Jajanan pasar tak hanya identik dengan kue-kue basah. Bolu ketan hitam sering dijajakan dalam bentuk per slice siap makan. Rasanya lembut dan manis, terutama jika dibuat dengan kukusan. Bahannya sama seperti buat bolu biasa, hanya saja bahan terigu diganti tepung ketan hitam. Tambahkan taburan keju parut agar rasanya semakin mantap. Sajikan untuk acara keluarga, arisan, atau sekedar pendamping teh hangat di sore hari.

4. Awug Awug

awug awug ketan manis

Kue khas Sunda ini pada dasarnya dibuat dengan tepung beras. Namun, penggunaan tepung ketan justru membuat sensasi pulen yang patut dicoba. Awug awug pertama dibuat di Cibeunying, Jawa Barat hampir 40 tahun lalu. Pemiliknya menjajakan aneka jajanan pasar lain, tapi awug awug lebih banyak dicari. Rasanya legit dan gurih membuat kue yang dibungkus daun pisang ini bikin nagih.

5. Gemblong

Gemblong ketan putih gurih

Kudapan satu ini jarang absen dalam jajaran kue pasar. Gemblong punya rasa manis dengan tekstur kenyal ketika digigit. Kulit kue ini dilapisi cairan gula yang membuatnya makin legit. Nah, ada dua jenis gemblong, yakni gemblong ketan putih dan ketan hitam. Gemblong ketan putih dilapisi cairan gula merah, sedangkan gemblong hitam diberi cairan gula pasir.

Campurkan tepung ketan, kelapa parut, garam, dan santan. Uleni semua bahan hingga kalis, lalu bentuk jadi agak lonjong. Goreng gemblong hingga matang kecoklatan. Kue ini aslinya dari Betawi, tapi beberapa daerah Jawa pun menjajakannya dengan nama lain. Contohnya getas dari Jawa Tengah dan Timur.

6. Mendut

Image: Selma Hawida

Memang tak salah jika Mendut adalah nama candi di Jawa Tengah. Tapi di pasar tradisional, kenampakan mendut justru terlihat mungil berwarna-warni dan bikin ngiler. Kue ini dibuat dengan tepung ketan, tapioka, parutan kelapa, santan, dan garam. Rasanya semakin nikmat dengan isian unti kelapa yang harum dan manis.

Mendut punya nama julukan di daerah lain seperti kue bugis, putri mandi, dan koco koco. Kue ini biasa dibungkus dengan daun pisang atau disajikan dalam lipatan daun takir. Tak lupa, siraman kuah santan yang kental dan gurih melengkapi kudapan ini. Slurp!

7. Wingko Babat

wingko babat istimewa

Eits, ini tak ada hubungannya dengan jeroan sapi ya. Kue satu ini sering dijadikan oleh-oleh khas Jawa Tengah dan Timur. Bentuknya bulat pipih dan berwarna kecoklatan. Teksturnya empuk dan kenyal dengan rasa gurih yang khas. Kudapan yang juga disebut wiwingka ini terbuat dari parutan kelapa, tepung ketan, santan, vanili, dan garam. Semua bahan dicampur dan dibentuk jadi pipih. Setelahnya, wingko dipanggang dalam cetakan khusus hingga matang.  

8. Kue Ku

kue ku lezat

Kueku adalah kue ku asal Manado. Sebab, warna dan bentuknya begitu cantik dengan rasa manis-legit yang menggoda. Kue ku terinspirasi kudapan asal Tiongkok, yakni ang ku koeh. Kue yang aslinya berbentuk seperti tempurung kura-kura berwarna merah ini memang sering disajikan saat hari raya Imlek dan hajatan. Konon, orang Tionghoa percaya bahwa kue ini mendatangkan kemakmuran dan umur panjang.

Sekarang, kue ku memiliki berbagai bentuk menarik, seperti buah-buahan dan bunga. Kue dengan isi gula merah ini bertekstur kenyal dan lembut. Kue ini juga sering disebut kue bugis.  

9. Timphan

Image: Hesti’s Kitchen

Uroe goet buluen goet timphan ma peugoet beumeuteme rasa. Setidaknya itulah ungkapan orang Aceh dalam menggambarkan kue thimpan. Secara garis besar, arti kalimat itu adalah “kapanpun, dimanapun, rasanya tak lengkap jika tak makan kue thimpan”. Bahkan, kue ini jadi ikon saat Lebaran di serambi mekkah. Hmm, memang ada apa sih dalam kue ini?

Timphan dibuat dengan campuran tepung ketan, pisang raja yang dihaluskan, santan, garam, dan air kapur sirih. Setelah jadi adonan kemudian diisi dengan sarikaya yang manis dan legit. Kue timphan dikukus dalam daun pisang dan langsung disajikan selagi hangat. Jadi, bayangkan lembutnya tekstur kulit bercampur isian sarikaya yang manis dan harum. Semuanya meleleh di lidah anda selagi hangat.

10. Bubur Candil

bubur candil

Terakhir adalah bubur candil. Bubur yang sering jadi takjil Ramadhan ini memang manis, kenyal, dan lembut. Apalagi dituang kuah santan yang kental, hmm perut langsung siap berbuka setelah seharian berpuasa.

Bola-bola candil dibuat dari tepung ketan, garam, dan air hangat. Semuanya dicampur dan direbus hingga mengapung. Nantinya candil akan direbus lagi dalam air gula merah. Sajikan bubur candil dengan siraman kuah santan.

Dari daftar di atas, mana yang favorit anda? Kue dan bubur di atas bisa ditemukan di pasar tradisional kota anda. Namun, buat sendiri di rumah pun tidak sulit. Simak tips mengolah tepung beras ketan ini supaya hasil kue anda lebih nikmat dan kenyalnya pas.