Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Tak hanya alat saji saja yang harus diperhatikan ketika melakukan table manner, keberadaan alat makan juga sangat penting. Pasti tidak bisa membayangkan kan bagaimana repotnya makan sup tanpa sendok, atau makan steak tanpa garpu dan pisau. Peralatan makan ala table manner ini berbeda ya dengan peralatan makan kita sehari-hari di rumah. Misalnya untuk sendok dan garpu saja, akan berbeda untuk tiap jenis makanan. Nah, apa saja peralatan makan yang digunakan dalam table manner? Berikut informasinya untuk anda.

1. Spoon

Spoon atau sendok merupakan alat makan yang sangat penting ketika table manner. Spoon bisa membantu anda mengambil makanan yang lunak dan berkuah. Jenis spoon dalam table manner antara lain berikut.

Soup spoon

Soup spoon merupakan sendok khusus untuk sup. Karena digunakan untuk menyendok makanan cair, maka soup spoon dibuat dengan bentuk bulat besar dan cekung agar kuah sup lebih mudah diambil.

Dinner spoon

Kalau yang ini biasa digunakan untuk menyendok makanan utama atau main course seperti nasi dan lauknya di dinner plate. Ukuran dinner spoon ini lebih kecil dibanding soup spoon dan bentuknya pun cenderung lonjong, seperti sendok makan pada umumnya.

Dessert spoon

 

Dessert spoon adalah sendok yang digunakan untuk menyendok aneka dessert lembut seperti puding, dan lain-lain. Dessert spoon memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibanding soup spoon dan dinner spoon.

Coffee or tea spoon

Coffee or tea spoon berfungsi untuk mengaduk gula pada teh atau kopi. Ukuran sendok ini paling kecil di antara yang lainnya. Karena memang fungsinya hanya untuk mengaduk saja.

2. Fork

Sama seperti sendok, garpu yang digunakan dalam table manner pun ada beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

Dinner fork

Dinner fork adalah garpu yang digunakan untuk mengambil makanan utama di piring anda. Ukuran dinner fork ini besar dan biasanya terdapat 3 gigi untuk memudahkan anda mengambil makanan.

Dessert fork

Ini adalah garpu khusus untuk mengambil dessert seperti cake, puding, dan lainnya. Berbeda dari dinner fork, dessert fork ini memiliki 4 gigi dan ukurannya pun jauh lebih kecil dibanding dinner fork.

Steak fork

Meskipun sudah ada dinner fork, tapi anda membutuhkan garpu yang berbeda untuk menikmati steak. Steak fork ini memiliki 2 gigi tajam yang memudahkan anda saat menusuk daging.

Fish fork

 

Untuk ikan, anda juga memerlukan garpu yang berbeda. Fish fork memiliki 4 gigi kecil yang terbagi ke dalam dua bagian. Fungsi dari gigi tersebut adalah untuk memisahkan bagian daging ikan dari duri.

3. Cutlery

Cutlery atau pisau potong terbagi ke dalam beberapa jenis sebagai berikut.

Dinner knife

Dinner knife memiliki ujung yang tumpul dan berukuran besar. Dinner knife umumnya digunakan untuk menyisihkan makanan di piring anda.

Steak knife

Karena fungsinya untuk memotong daging, maka steak knife lebih tajam dengan ujung yang runcing. Hal tersebut akan memudahkan anda saat memotong daging.

Butter knife

Sesuai namanya, butter knife memiliki fungsi untuk mengambil mentega dan mengoleskannya pada roti. Karena hanya difungsikan untuk mengoles saja, butter knife didesain dengan ujung tumpul. Ukurannya pun kecil.

Alat makan di atas adalah yang paling umum digunakan dalam table manner. Semoga bisa menjadi gambaran bagi anda. Sekarang sudah lebih siap kan untuk bersantap dengan table manner? Selamat mencoba!