(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Bagi saya, lebaran adalah momen yang sangat pas untuk menyambungkan silaturahmi dengan sanak saudara dan kerabat yang jauh. Karena itulah, dalam momen setahun sekali itu, saya selalu berusaha untuk mempersiapkan hidangan sebaik mungkin dalam jumlah yang berlimpah.

Nah, masalah datang setelah para kerabat atau tamu sudah selesai makan. Cucian piring, sendok, dan gelas kotor pun menumpik di dapur. Apalagi saat lebaran biasanya absen dari kehadiran asisten rumah tangga. Belum lagi, kotoran dari makanan berlemak dan santan yang akan sulit dibersihkan karena tidak langsung dicuci. Puyeng duluan, deh!

Tapi itu semua cerita lama. Kini, saya sudah punya cara sendiri untuk mengurangi tumpukan piring/gelas/alat makan kotor saat hari silaturahmi kala lebaran. Berikut saya bagikan tipsnya khusus buat anda.

1. Curi-curi kesempatan untuk cuci piring secara bertahap

Biasanya, mencuci akan terasa berat karena anda membiarkan piring kotor menumpuk. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda mencuci piring secara bertahap dan jangan dibiarkan sampai menumpuk.

Meskipun harus dilakukan berkali-kali, setidaknya cara itu jauh lebih ringan daripada anda mencuci piring tersebut sekaligus dalam kondisi kotoran membandel karena terlanjur kering.

2. Rendam cucian dengan air panas

Jika cucian piring anda telanjur menumpuk, jangan khawatir, anda bisa merendamnya dulu dalam air panas selama beberapa saat. Air panas bisa membantu melunturkan lemak dan kotoranpada piring, sehingga nantinya akan lebih mudah dibersihkan.

3. Gunakan piring sebagai ‘alas makan’ saja

Piring memang termasuk kategori alas makan. Tapi agar tidak terlalu banyak cucian piring saat banyak tamu di hari raya, anda bisa mengalasinya lagi dengan daun pisang atau kertas nasi. Sehingga, anda hanya perlu buang dan mengganti alas atasnya saja. Piring kemudian bisa dilap dan digunakan kembali untuk menjamu tamu. Lebih praktis, kan?

Jika ingin suasana makan jadi lebih ‘bertema’, anda bisa pilih alas makan lain selain piring keramik/plastik/melamin. Seperti piring anyaman rotan, anyaman bambu, atau gerabah/tanah liat. Lebih eksotik dan unik!

4. Gunakan alat makan sekali pakai

Tidak ingin berurusan dengan cuci mencuci, apalagi saat ditinggal ART? Pakai saja alat makan sekali pakai. Anda hanya perlu menyiapkan tempat sampah besar atau trash bag yang akan menampung semua alat makan kotor setelah digunakan.

Mulai dari piring, sendok, garpu, sumpit, dan gelas bisa anda jumpai versi sekali pakainya. Material atau bahan pembuatnya pun bisa anda pilih, seperti styrofoam, plastik mika, atau kertas. Selain efisien dan multifungsi, anda bisa pilih bahan yang aman sesuai masakan anda, apakah berkuah/kering atau panas/dingin.

5. Siapkan air mineral dalam kemasan

Minuman dengan aneka citarasa selalu hadir saat lebaran, tapi air mineral adalah suguhan wajib. Untuk mengurangi cucian sekaligus alat sekali pakai yang terbuang untuk minuman, lebih baik anda siapkan air mineral dalam kemasan. Sehingga para kerabat dan tamu jadi bebas dahaga, nyaman, dan betah untuk berkunjung serta silaturahim lebih lama.

Sekarang, tidak perlu khawatir lagi kan dengan cucian piring yang menumpuk saat lebaran. Momen berkumpul dijamin lebih seru!