Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Jika bersantap dengan set menu lengkap di hotel atau restoran, anda pasti akan disuguhi sepaket sajian makan lengkap mulai dari appetizer, soup, main course, tea/coffee, sampai dessert. Nah, makanan-makanan tersebut biasanya disajikan berurutan dengan jeda waktu tertentu. Salah satu ciri khas dari bersantap dengan table manner adalah peralatan makan yang digunakan, termasuk plate atau wadah saji makanannya yang sesuai dengan standar internasional.

Plate tersebut biasanya masuk ke dalam kategori chinaware atau peralatan pecah belah yang terbuat dari keramik, porselin, atau tembikar. Kira-kira apa saja sih jenis plate yang digunakan ketika table manner? Daripada penasaran, yuk simak informasi selngkapnya di bawah ini.

1. Dinner plate

Dinner plate adalah piring ceper berbentuk lingkaran. Biasanya dinner plate berukuran besar dengan diameter sekitar 26 cm. Karena memang dinner plate dibuat khusus untuk menjadikan main course atau hidangan utama dalam table manner.

2. Dessert plate

Meskipun namanya dessert plate, namun piring yang satu ini bisa dibilang multifungsi. Piring berbentuk bulat ini bisa digunakan untuk menyajikan dessert, appetizer, atau sebagai alas appetizer/dessert. Karena porsi appetizer atau dessert biasanya hanya sedikit, ukuran dari dessert plate ini pun jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran dinner plate, yaitu berdiameter hanya sekitar 18 cm.

3. Bnb plate

Bnb plate merupakan singkatan dari butter and bread plate, atau sering juga disebut sebagai side plate/quarter plate, karena selalu diletakkan di samping kiri garpu. Sesuai namanya, bnb plate digunakan untuk menyajikan roti dan mentega ketika table manner. Bnb plate berbentuk bulat seperti dinner plate dan dessert plate, hanya saja diameternya lebih kecil, yaitu 15 cm.

4. Soup bowl

Nah, yang satu ini merupakan mangkuk khusus untuk sup. Mangkuk ini berbentuk cekung dan biasa digunakan untuk menyajikan sup krim yang kental sebagai makanan pembuka.

5. Soup cup

Jika soup bowl berfungsi untuk menghidangkan sup kental, maka soup cup ini digunakan untuk menyajikan sup yang cair. Sup cup berbentuk seperti cangkir berdiameter 10 cm dengan dua ‘kuping’ cangkir di kiri-kanan yang berfungsi sebagai pegangan agar sup tidak tumpah.

6. Saucer

Bisa dibilang, saucer ini adalah pasangannya soup cup, karena mereka pasti digunakan secara bersamaan. Saucer adalah tatakan berdiameter 14 cm yang digunakan sebagai tatakan atau alas soup cup agar sup tidak terpercik ke taplak meja.

7. Fish plate

(Image: Shutterstock)

Fish flate merupakan piring lonjong yang digunakan khusus untuk menyajikan ikan. Ukuran fish plate ini beragam, namun biasanya cukup besar, menyesuaikan bentuk dan ukuran ikan.

Nah, itu dia aneka plate standar internasional yang biasa digunakan saat table manner. Semoga setelah ini anda tidak bingung lagi membedakannya ya.