Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Beberapa hari lalu saya dikirim apel sebanyak 2 kardus oleh saudara saya yang tinggal di Malang. Awalnya saya membuatnya jadi jus atau dimakan langsung sebagai buah potong. Tapi lama-lama saya dan keluarga jadi bosan, padahal masih banyak tersedia buah apel. Saya pun mencari ke sana sini aneka kreasi buah apel yang nikmat dan tidak terlalu sulit dibuat. Hasilnya pun sangat istimewa sehingga bisa saya bagi-bagikan ke tetangga dan saudara dekat. Apa saja olahannya? Simak terus selengkapnya berikut.

1. Apple Pie

Olahan apel yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi anda. Apple pie termasuk hidangan yang sederhana, namun citarasanya tak perlu diragukan lagi. Paduan pie crust yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta manis, asam, dan segar dari buah apel menciptakan kombinasi rasa yang benar-benar memanjakan lidah.

2. Apple Crumble

(Image: Shutterstock)

Jika apple pie dibungkus adonan pie atau crust yang renyah, apple crumble justru sebaliknya. Campuran apel, gula, dan bubuk kayu manis ditata pada dasar pinggan tahan panas, lalu ditutup dengan taburan crumble yang nantinya jadi renyah setelah dipanggang. Remahan atau crumble terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan oat yang diaduk dengan mentega hingga teksturnya jadi berbulir-bulir kasar.

3. Apple Strudel

(Image: Shutterstock)

Apple strudel merupakan kreasi pastry yang berlapis-lapis renyah, lalu diberi isian yang tersusun dari apel, kismis, dan gula pasir. Penambahan bubuk kayu manis juga membuat aroma apple strudel ini semakin menggugah selera. Saking lezatnya apple strudel ini, seorang artis sekaligus pengusaha Indonesia menjadikan kudapan ini sebagai trademark oleh-oleh kekinian khas kota Malang.

4. Keripik Apel

Jika suka ngemil keripik, tak ada salahnya anda coba membuat keripik buah yang terbuat dari apel. Selain renyah, keripik apel ini juga punya rasa manis sekaligus asam yang alami sehingga lebih enak. Jika ingin mengurangi minyak, anda bisa pilih mengeringkannya dengan cara dipanggang oven daripada digoreng. Lebih sehat, kan.

5. Apel Goreng

(Image: Shutterstock)

Sudah terbayang dong bagaimana nikmatnya apel yang digoreng dalam balutan adonan tepung, lalu ditabur gula dan bubuk kayu manis? Apalagi jika apel goreng disajikan hangat saat masih renyah? Hmm, nikmatnya juara!

Dengan berbagai variasi resep di atas, sekarang anda bisa menghidangkan apel dengan cara yang lebih asyik dan nikmat. Selamat mencoba!