(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Jika jadi nyonya rumah untuk arisan, ibu saya selalu heboh dan ribet. Saking perfeksionisnya, menu camilan dan makan besar sudah ditentukan jauh-jauh hari. Beliau selalu bersikukuh untuk membuat semua suguhannya sendiri. Selain hemat, menurutnya suguhan akan lebih sesuai selera dan istimewa jika dibuat sendiri. Nah jika anda berpikiran yang sama, berikut daftar camilan praktis yang bisa sajikan untuk arisan nanti.

Cemilan H-3

Belajar dari ibu yang paling tidak suka dadakan, cemilan untuk arisan bisa dicicil dari tiga hari sebelumnya. Ada cemilan yang pada dasarnya lebih enak kalau dimakan nanti-nanti dan ada juga yang bisa dibekukan dulu lalu digoreng pada hari H. Apa saja cemilan tersebut?

1. Brownies

Brownies Kukus ala Amanda

Tampilan boleh keras tapi ketika digigit, hmm, rasanya fudgy, nyoklat, dan nikmat banget! Tentunya kalau bikin brownies, tampilan seperti itu yang kita harapkan, ya. Baik panggang maupun kukus, brownies termasuk camilan yang bisa disiapkan jauh-jauh hari. Bahkan banyak baker yang bilang kalau brownies lebih enak dimakan beberapa hari setelah dibuat. Caranya agar awet, simpan di tempat sejuk atau lemari pendingin tanpa dipotong sama sekali hingga hari H.

2. Lumpia Sayur

Lumpia sayur lezat

Apa bayangan anda soal lumpia sayur? Kulit luar yang renyah dan beraneka macam sayur di dalamnya. Lumpia sayur jadi suguhan wajib saat arisan di rumah saya. Mungkin karena embel-embel sayur, kesannya lebih sehat ya padahal nantinya juga akan digoreng. Setelah anda menggulung kulit lumpia dengan isiannya dan direkatkan ujungnya, simpan di freezer dan siap digoreng pada hari H.

3. Kroket

Karena jadi favorit ibu, kroket pasti masuk daftar suguhan tamu. Renyahnya tepung panir di kulit bercampur isian kentang dan sayur nikmat inilah yang memang bikin nagih! Dan sama seperti lumpia sayur, kroket bisa disimpan dalam freezer dan digoreng di hari H nanti.

4. Lemper

lemper ayam bakar

Kudapan tradisional ini memang sering disajikan dalam acara-acara spesial, dan arisan salah satunya. Gurihnya perpaduan ketan dan ayam suwir masak santan pastinya dapat mengakrabkan suasana. Setelah dibalut dengan daun pisang, masukkan lemper ke dalam kulkas. Pada hari H, hangatkan lemper dulu dengan dikukus atau dibakar. Nah buat lemper yang awet itu tidak sembarang resep, lho. Coba intip rahasianya di sini

Cemilan H-1

Selain cemilan yang dicicil tiga hari, ada pula yang bisa dibuat sehari atau semalam sebelumnya. Cemilan enak ini terhitung awet meski tidak bisa disimpan lama-lama melewati hari H. Berikut daftarnya.

1. Klapertart

Kalau sedang ingin bernostalgia, klapertart bisa jadi pilihan. Kudapan asal negeri kincir angin ini memang cocok untuk ngobrol santai. Ibu memang sering bikin klapertart di arisan-arisan spesial, misalnya saat arisan keluarga besar. Paduan lembutnya adonan kelapa muda bercampur topping kismis dan kacang almond, selalu berhasil bikin nambah!

2. Puding

puding karamel

Buat saya, puding memang pencuci mulut paling pas untuk arisan. Setelah makan siang, puding beraneka rasa disertai saus vla yang creamy dan lembut menutup acara arisan dengan sempurna. Ibu selalu membuat variasi rasa setiap arisan. Biasanya beliau browsing dulu, salah satunya resep-resep puding di ResepKoki. Favorit saya silky pudding, kalau anda?

3. Bolu kukus

Bolu kukus pisang mekar

Ah kalau cemilan satu ini rasanya tak pernah absen dari arisan ibu-ibu ya. Memang sih, tekstur lembut dan bentuk cantik yang mekar sempurna membuat bolu kukus selalu jadi opsi. Dari rasa pisang, pandan, gula merah, sampai yang warna-warni pelangi, pasti tak tahan deh kalau hanya comot sekali!

4. Mini Pie

Pie susu bali

Mini pie memang sedang tren saat ini. Ada pie susu dan pie buah, dua-duanya adalah cemilan favorit yang lembut, gurih, dan manis. Selain rasanya yang nikmat, mini pie selalu tersaji cantik dengan tart mini. Kue ini termasuk yang mudah dibuat, lho. Kalau tidak berencana membuat tart sendiri, sekarang toko-toko khusus baking menjual tart mini siap pakai. Tinggal buat isiannya dan voila! Siap disantap!

Arisan bukan berarti harus mengeluarkan biaya besar, kan? Dengan kue-kue pilihan di atas, anda bisa berhemat waktu sekaligus berhemat uang. Selain makan di tempat, kue-kue di atas juga cocok untuk kue oleh-oleh. Selamat mencoba!