Penulis: Ninna.L

Semua anggota keluarga saya suka dengan bolu kukus. Alasannya karena rasa yang enak, lembut, dan porsinya yang pas untuk sekali makan. Biasanya kami membeli bolu kukus yang dijajakan oleh pedagang kue keliling, yang selalu lewat di depan rumah. Tapi setelah dipikir-pikir, ternyata sayang juga kalau terus-terusan membelinya, apalagi hampir tiap hari kue ini harus tersaji sebagai kudapan di rumah. Selain agar bisa berhemat, kita juga sulit untuk menjamin keamanan serta kualitasnya.

Dengan alasan tersebut, saya lalu memutuskan untuk membuat bolu kukus sendiri di rumah. Ternyata membuatnya sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu singkat. Selain itu bahan-bahannya sangat murah dan bisa dikreasikan sesuka hati. Seperti resep bolu kukus pelangi yang super cantik, mekar sempurna, dan lezat ini. Berikut saya share tipsnya bagi kamu yang mungkin juga ingin mencoba membuat bolu kukus sendiri di rumah.

1. Usahakan untuk tidak memodifikasi resep.

Jika kamu sering gagal saat membuat bolu kukus, coba ingat-ingat lagi, jangan-jangan kamu sering memodifikasi resep. Mengganti bahan dan takarannya sesuka hati. Sebaiknya, kamu hanya menggunakan bahan yang disebutkan dengan takaran sesuai petunjuk. Lalu, pastikan kamu mengikuti step by step di resep dengan benar.

2. Gunakan cetakan bolu kukus yang berlubang.

Hal ini bertujuan agar uap air bisa mematangkan bolu secara merata. Lalu masukan cup kertas yang tingginya sama dengan cetakan. Rapikan cup kertas dengan cara menekannya dengan tangan sampai menyesuaikan dengan bentuk cetakan.

3. Isi adonan ke dalam cup sampai penuh.

Kesalahan yang paling sering dilakukan saat membuat bolu kukus adalah mengisi adonan hanya ½ atau ¾ cup saja, dengan tujuan memberikan ruang bagi kue yang nanti akan merekah. Padahal justru itulah yang menyebabkan bolu kukus kamu tidak merekah dengan sempurna.

4. Kukus bolu dalam dandang berisi air yang telah dididihkan sebelumnya.

Poin ini sering sekali diabaikan. Mengukus bolu dalam dandang berisi air yang belum mendidih hanya akan membuat bolu kamu lama matangnya dan cenderung bantat. Pastikan juga kamu melapisi tutup dandang dengan kain lap tebal untuk menyerap uap air agar tidak menetes kembali ke dalam bolu kukus.

Sedikit tips, usahakan jangan mengisi air terlalu penuh sampai hampir menyentuh saringan. Karena letupan air mendidih yang mengenai dasar cup akan membuat bolu kukus kamu menjadi bantat.

5. Jangan mengisi penuh dandang dengan cetakan.

Pastikan kamu memberikan sedikit jarak antar cetakan agar bolu kukus kamu memiliki ruang yang cukup untuk mengembang.

6. Kukus selama kurang lebih lima belas menit.

Pastikan kamu tidak membuka-tutup dandang kecuali saat matang dan akan mengangkatnya, karena hal itu akan menghambat proses bolu untuk mengembang.

Sebenarnya membuat bolu kukus itu mudah, hanya terkadang kamu mungkin melupakan beberapa tahapan dalam proses pembuatannya sehingga bolu kukus kamu pun bantat dan gagal mekar. Saya sudah mempraktikkan sendiri tips-tips di atas dan selalu berhasil! Sekarang saatnya kamu yang mengeksekusi resep di atas dan menerapkan tipsnya.