(Image: Istock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Sebagai pecinta dessert, saya suka banget makan pie. Kalau sedang senggang, kadang saya membuat sendiri di rumah, dengan aneka kreasi topping yang lucu-lucu. Selain untuk dimakan sendiri, saya juga suka membagikannya pada teman-teman atau keluarga saya.

Dulu awal-awal membuat pie crust, saya pernah beberapa kali gagal. Entah itu adonan yang terlalu tebal, kurang matang, atau terlalu garing. Setelah saya pelajari, ternyata bikin adonan dasar pie itu memang susah-susah gampang. Terkadang keliru sedikit saja dalam pengolahannya, adonan bisa jadi gagal total! Alhasil, ujung-ujungnya malah mubadzir. Jadi kita harus pintar-pintar menyiasatinya.

Nah, saya hendak sharing mengenai bagaimana trik saat membuat adonan pie agar tidak gagal, yang bisa kamu coba di rumah.

1. Perhatikan Pemilihan Tepung Terigu

Tahukah kamu kalau ternyata beda tepung terigu beda juga olahannya? Sekadar informasi, untuk membuat adonan pie yang sempurna, kamu harus menggunakan tepung terigu protein rendah, yaitu sekitar 6-8%. Hal itu karena, tepung terigu protein rendah akan memberikan hasil akhir yang renyah di luar, namun tetap lembut di dalam, sehingga cocok banget dipakai untuk membuat adonan pie.

2. Gunakan Air Es

Ini salah satu poin yang sangat penting. Usahakan untuk menggunakan air es saat membuat adonan pie. Air es akan membantu suhu adonan kamu tetap dingin, sehingga saat dioven akan menghasilkan tekstur pie yang renyah.

3. Jangan Mengaduk Adonan Berlebihan

Ini kesalahan yang sepertinya paling sering saya lakukan dulu, terlalu lama mengaduk adonan pie, berharap agar hasilnya bagus. Padahal justru itu  yang membuat adonan pie kamu gagal. Sebaiknya, kamu mencampur adonan pie secukupnya saja ya. Ada dua metode untuk mencampur adonan pie, yaitu:

Dengan menggunakan jari tangan

Ingat ya, hanya jari tangan saja, jangan dengan telapak tangan, karena suhu telapak tangan itu panas, sehingga akan membuat mentega cepat meleleh. Padahal, justru mentega yang masih berbentuk bulirlah yang akan membuat tekstur pie renyah.

Dengan menggunakan pisau pastry

Kamu juga bisa menggunakan pisau pastry untuk mencampur adonan pie. Tapi tidak masalah jika kamu tidak punya pisau pastry, kamu juga bisa mengaduknya menggunakan garpu. Apapun metode yang kamu pilih, pastikan hasil akhir adonan berbentuk seperti bulir-bulir pasir.

4. Pastikan Menggiling Adonan Pie dengan Ukuran yang Pas dan Sama Rata

Salah satu cara mudah untuk membuat agar ukuran adonan pie kamu sama rata adalah dengan menggilingnya. Tapi, pastikan jangan menekan adonan terlalu keras. Untuk hasil maksimal, gunakan tingkat ketebalan adonan yang sedang saja. Adonan yang terlalu tipis hanya akan membuat tekstur pie rapuh. Sedangkan adonan yang terlalu tebal akan membuat tekstur pie keras dan tidak renyah.

5. Tusuk-tusuk Adonan dengan Garpu Sebelum Dioven

Ini salah satu poin yang tidak kalah pentingnya nih. Menusuk-nusuk adonan yang telah dicetak ke dalam cetakan pie fungsinya agar tekanan suhu dalam oven dapat dialirkan lewat lubang-lubang kecil itu, sehingga adonan pie kamu tidak akan menggelembung saat dioven dan bisa matang sempurna.

Jika sudah tahu triknya, harusnya tiada alasan lagi untuk gagal saat membuat pie crust dong. Saya sudah membuktikannya sendiri, lho, dan memang berhasil. Ayo, sekarang giliranmu mencoba!