Penulis: Windy | Editor : Atsa

Tahu adalah salah satu bahan makanan yang murah dan mudah diolah. Tidak heran, banyak hidangan berbahan dasar tahu. Selain dijadikan lauk, tahu juga bisa dijadikan camilan.

Dari berbagai camilan yang ada, berikut beberapa olahan tahu yang bisa anda sajikan saat arisan atau kumpul keluarga. Semua rasa camilan ini dijamin enak dan bikin nagih deh.

Baca juga: 6 Sajian Tempe dan Tahu yang Naik Kelas

1. Martabak Tahu

Salah satu camilan yang bisa dijadikan pilihan adalah martabak tahu. Teksturnya yang kering renyah dan rasanya yang gurih pasti banyak yang menyukainya. Membuatnya sendiri pun mudah.

Tahu yang sudah digoreng setengah matang dihaluskan. Lalu tambahkan daun bawang, telur, daging giling serta bumbu putih. Setelah itu siapkan kulit lumpia, masukkan adonan tahu, dan lipat segi empat. Kemudian goreng dan sajikan.

Coba resep: Resep Martabak Tahu

2. Tahu Bakso

tahu bakso

Sebelum menjadi salah satu cemilan yang mudah didapatkan dimana-mana, tahu bakso adalah oleh-oleh khas kota Semarang, lho. Rasanya lezat, gurih dan kenyal.

Mudah sekali membuatnya, daging giling dicampur dengan tepung dan bumbu. Lalu dimasukkan ke dalam tahu putih yang sudah dibelah tengahnya. Kemudian rebus tahu selama 20 menit hingga matang dan mengapung, tiriskan lalu sajikan.

Coba resep: Resep Tahu Bakso

3. Tahu Bulat

tahu bulat

Varian cemilan tahu yang sempat populer di tahun 2017 ini masih diminati hingga sekarang. Tahu bulat asal Tasikmalaya lho. Selain bentuknya yang bulat, permukaan luarnya juga akan kering saat digoreng dengan isi yang sedikit didalamnya.

Tahu yang sudah dicuci bersih, dihancurkan, diperas dengan kain hingga airnya keluar. Lalu campurkan dengan kuning telur, baking powder, bubuk kaldu, dan lada. Kemudian bulat-bulatkan adonan dan simpan dalam lemari es selama 3-4 jam. Setelah itu goreng tahu hingga mengembang dan sajikan.

Coba resep: Resep Tahu Bulat

4. Tahu Fantasi

tahu fantasi gurih

Tahu fantasi atau lebih dikenal dengan tahu sarang burung ini banyak sekali lho, penggemarnya. Dinamakan tahu sarang burung karena bagian tengah tahu diberi telur puyuh seperti sarang. Tahu ini memiliki tekstur yang empuk dan rasanya gurih.

Tahu yang sudah dihancurkan dicampur dengan telur, wortel, daun bawang, bawang putih, garam, kaldu bubuk dan merica. Lalu adonan dicetak dan ditambahkan telur puyuh rebus di tengahnya. Kemudian kukus selama 20-30 menit dan goreng tahu dengan kocokan putih telur.

Coba resep: Resep Tahu Fantasi

5. Tahu Aci

Tahu aci merupakan salah satu camilan khas Tegal. Rasanya yang empuk, kenyal, dan gurih merupakan perpaduan yang pas untuk acara arisan.

Tahu kuning tegal dipotong menjadi bentuk segitiga. Lalu siapkan adonan tepung kanji, bawang putih, garam, kaldu bubuk, dan daun bawang. Kemudian tempelkan adonan di dasar tahu dan goreng hingga matang,

Coba resep: Resep Tahu Aci Tegal

6. Tahu Jeletot

Tahu jeletot pedas

Setiap kali ke Kota Bandung, pasti dengan mudah anda menemukan olahan tahu ini. Tahu jeletot yang super pedas dan gurih ini banyak sekali penggemarnya.

Mudah sekali membuat tahu jeletot. Tahu pong yang siap dipakai dimasukkan dengan adonan isian sayuran. Isi adonannya wortel, kol, daun bawang cabai rawit, telur, garam, dan merica yang sudah ditumis. Setelah isian padat, goreng tahu dengan adonan tepung dan sajikan.

Coba resep: Resep Tahu Jeletot

7. Tahu Rambutan

tahu rambutan renyah

Tahu rambutan ini sangat unik tampilannya, bentuknya akan berserabut terlihat seperti rambutan setelah digoreng. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat banyak yang menyukainya.

Tahu putih yang dihancurkan dicampur dengan cincangan daging dan bumbu. Kemudian adonan dibentuk bola-bola kecil, lalu digulingkan dalam mie kering yang sudah dihancurkan kasar. Lalu goreng hingga kuning keemasan dan sajikan.

Coba resep: Resep Tahu Rambutan

8. Tahu Petis

tahu petis gurih

Selain tahu bakso, Semarang memiliki tahu petis sebagai cemilan olahan tahu. Rasa petis yang gurih sangat pas dipadukan dengan tahu yang bertekstur lembut.

Tahu putih yang sudah digoreng dibelah bagian tengahnya jangan sampai putus. Lalu oleskan atau sisipkan petis yang sudah dibumbui dengan garam dan bawang putih di bagian tengah tahu. Jangan lupa menikmati tahu petis dengan cabai rawit agar rasanya semakin enak.

(Image: Lazada)

Bagi anda yang suka masak, lebih praktis menggunakan cookware set dari Supra Rosemary (lihat di Lazada DISKON). Satu set Supra Rosemary terdiri dari stock pot, frying pan, deep pan, dan sauce pan berlapis stainless steel anti karat. Lapisannya awet serta tidak mudah terkelupas. Paket lengkap untuk menggoreng, merebus, menumis, dan mengukus.

Coba resep: Resep Tahu Petis

Enak-enak dan mudah membuatnya ya olahan tahu. Saat menikmatinya, jangan lupa juga tambahkan cabe rawit kecuali kalau tahu jeletot kalau kurang pedas. Selamat mencoba!

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi