(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Hari apa yang paling anda tunggu dalam satu tahun? Kalau saya, tentu saja hari ulang tahun. Hari tersebut tentu istimewa karena saya bisa berkumpul dengan orang-orang tersayang, mendapat kado, dan yang paling tak boleh dilewatkan: makan kue! Berhubung ulang tahun adalah hari spesial, maka kuenya juga harus spesial, dong.

Setiap tahun saya selalu membeli kue-kue yang berbeda untuk ganti suasana. Bagi beberapa orang, tampilan kue yang ramai sangat wajib untuk kue ulang tahun. Namun saya pribadi lebih mementingkan rasa yang unik dengan tampilan yang menarik. Asalkan ada lilin dan orang-orang yang saya cintai, kue ulang tahun apapun pasti berkesan. Nah, kalau masih bingung memilih kue ulang tahun, berikut inspirasi kue untuk hari spesial anda.

1. Black Forest

black forest

Buat saya, kue ini adalah kue ulang tahun yang klasik. Sewaktu kecil, saya selalu memilih kue black forest saat merayakan ulang tahun di sekolah. Kue ini memiliki layer yang terdiri dari sponge cake cokelat dan whipped cream, serta dihiasi dengan topping buah ceri dan serutan cokelat yang melimpah! Sederhana, tapi tidak membosankan. Setuju, kan, kalau kue ini adalah kue favorit semua orang?

2. Tiramisu

tiramisu cake

Kalau anda suka cake yang tidak terlalu manis, Tiramisu bisa jadi pilihan! Dalam bahasa Italia, Tiramisu berarti “cheer me up” atau “hibur aku”. Memang sih, kue ini cocok dimakan di segala suasana, baik ulang tahun atau saat patah hati. Teksturnya ringan, lembut, dan foamy. Rasa kopi yang bercampur dengan krim keju dan taburan kakao, hmm, pas sekali! Kue ini aslinya memakai biskuit ladyfinger untuk pelapisnya, tetapi untuk versi modern bisa gunakan sponge cake.

3. Opera

Kue ini sering disajikan dalam tampilan elegan dan minimalis, dengan lelehan cokelat ganache yang mengkilat. Kue ini pasti memiliki lebih dari tiga layer, dimana masing-masing layer memiliki rasa yang berbeda. Rasa tersebut adalah campuran dari espresso buttercream, cokelat ganache, sirup kopi, dan sponge cake almond. Bagi anda penggemar cokelat pahit, wajib banget coba kue ini!

4. Cheese Cake

Wah, kalau kue yang satu ini tidak akan absen dari wishlist saya. Kue ini didominasi rasa keju, yang biasanya memakai cream cheese atau ricotta. Awalnya, cheesecake klasik memang harus dipanggang tapi sekarang sudah banyak versi pengolahan no-bake-nya. Mau diletakkan dalam lemari pendingin atau dikukus, anda sudah bisa menikmati kelembutan kue ini. Nah, anda juga bisa menambahkan rasa dengan berbagai topping karena kue ini cocok dengan rasa apapun. Favorit saya, sih, cheesecake dengan buah beri plus taburan kacang almond atau oreo. Hmm, mantap!

5. Red Velvet Cake

Kue ini sangat populer di Indonesia. Bahkan meski saya tidak ulang tahun, saya suka beli kue ini sebagai kudapan untuk ngobrol santai dengan keluarga atau sahabat. Kue berwarna merah ini memang cantik dan rasanya itu loh, unik sekali! Kalau anda cicipi, pasti anda merasakan percampuran antara cokelat, vanila, dan butter. Apalagi ditambah frosting cream cheese, dijamin anda ingin ulang tahun dua kali dalam setahun!

6. Ice Cream Cake

Anda suka kue dan es krim? Kalau iya, kenapa tak gabungkan keduanya di hari spesial? Ice cream cake bisa jadi alternatif kue ulang tahun yang unik. Rasanya seperti makan es krim, hanya saja berbentuk kue. Karena ice cream cake pasti lebih mudah meleleh, kue ini hanya memiliki dua hingga tiga layer saja. Namun, ada juga yang dibuat dari kombinasi layer antara sponge cake dan es krim. Ayo langsung serbu sebelum mencair!

Nah, sudah tahu mau beli atau membuat kue apa? Kue-kue di atas merupakan kue sederhana yang bisa anda kreasikan lagi, lho. Apalagi kalau kuenya untuk orang tersayang, spesialnya berkali-kali lipat, deh. Selamat mencoba, ya!