Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Siapa bilang mengolah terong itu sulit? Ternyata, jenis sayur berwarna ungu atau hijau ini bisa dimasak jadi berbagai hidangan yang nikmat dan menggugah selera. Selama ini, saya pribadi lebih sering mengolah terong dengan sambal balado. Tekstur terong yang lembut berpadu dengan pedasnya bumbu balado pastinya bikin saya menambah porsi nasi. Namun kalau terus-terusan mengolah terong jadi balado pastinya membosankan, ya? Tak perlu bingung, simak inspirasi olahan terong yang tak kalah nikmatnya di bawah ini!

1. Sambal Terong

terong-sambal

Eits, sambal yang satu ini beda dengan balado ya. Sambal terong ini memadukan sambal merah dengan terong yang sudah digoreng, dikukus, atau dibakar terlebih dulu. Anda bisa buat sambal bawang, sambal korek, sambal terasi, hingga sambal bajak yang kemudian disiram di atas terong yang sudah dipotong-potong. Atau, terongnya juga bisa langsung dimasak dengan sambal seperti membuat balado. Apapun favorit anda, jangan lupa hidangkan dengan nasi hangat dan lauk gorengan. Slurp!

2. Terong Krispi

(Image: Nabila Shahnaz via Cookpad)

Siapa sih yang tak suka gorengan tepung? Banyak bahan yang bisa digoreng tepung dan salah satunya adalah terong. Bayangkan lembutnya terong berpadu dengan renyah kulit luarnya, hmm pastinya makan terasa lebih lahap. Cuci terong terlebih dahulu, lalu potong dengan ketebalan sesuka anda. Siapkan tepung krispi, balutkan potongan terong, dan goreng dalam minyak panas. Selain disantap langsung, terong krispi ini bisa dijadikan masakan lain lho, seperti terong goreng cabai garam atau sambal terong.

3. Tumis Terong

(Image: rina-dapurmanis.blogspot)

Hidangan yang satu ini tentunya praktis dan mudah dipadu padankan dengan aneka bahan, ya. Anda bisa campurkan dengan cabai besar, cabai rawit, teri, cumi asin, bawang merah, bawang putih, dan bahan-bahan lain sesuai selera. Tak perlu repot-repot, potongan terong yang sudah dicuci bisa langsung dimasukkan pada tumisan dan dimasak hingga matang. Siap-siap menambahkannya sebagai menu andalan akhir bulan, nih.

4. Pecel Terong

Pecel terong bakar

Pecel yang satu ini tidak sama dengan pecel ayam atau pecel sayur, lho. Pecel terong adalah sajian khas Banyuwangi berupa terong yang direbus hingga lembut, lalu disiram dengan kuah santan berbumbu bawang putih, bawang merah, kemiri, dan kencur. Simple, kan? Rasanya pedas dan gurih, dan tentunya cocok sebagai teman makan nasi. Oh ya, pecel terong ini juga sering dilengkapi dengan telur rebus yang membuatnya semakin mantap!

5. Lodeh Terong

Lodeh terong sedap

Sayur lodeh yang memiliki rasa gurih memang cocok disandingkan dengan lauk apapun. Nah, terong juga bisa jadi “bintang utama” sayur lodeh, lho. Potong terong setelah dicuci sesuai selera, lalu siapkan bumbu lodehnya yang terdiri dari santan, daun salam, lengkuas, cabe merah, garam, dan gula. Panaskan santan hingga mendidih, lalu masukkan bahan-bahan lainnya (termasuk terong) beserta bumbu lodeh. Masak lodeh hingga matang dan sajikan untuk santapan keluarga.

Nah, sekarang tak perlu bingung lagi kalau harus mengolah terong ya. Sebelum bersiap-siap di dapur, yuk intip tips memilih terong segar yang matang dan berkualitas bagus. Selamat mencoba, ya!