(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L

Anda pasti setuju jika blender adalah salah satu peralatan dapur yang sangat membantu kita dalam menyiapkan berbagai makanan sehat untuk keluarga. Dengan penggunaan blender, saya merasa pekerjaan di dapur jadi berkali-kali lebih ringan. Saya bisa menikmati aneka jus kapan pun sesuai selera hanya dengan satu alat. Tak hanya itu, blender juga bisa membantu anda dalam menghaluskan bumbu-bumbu dapur, sehingga anda tak perlu repot-repot menguleknya dengan tangan.

Nah, karena begitu besarnya jasa blender dalam kehidupan kita sehari-hari, saya akan berbagi tips membersihkan dan merawat blender dengan benar agar blender yang anda miliki bisa tahan lama sampai bertahun-tahun.

Cara membersihkan blender

1. Segera cuci blender setelah digunakan

Kadang saking sibuknya, anda menunda untuk membersihkan blender setelah digunakan. Padahal hal tersebut bisa membuat blender yang anda miliki berbau tak sedap dari sisa makanan yang tertinggal. Selain itu, blender yang kotor dan bau akan mengundang bakteri untuk mampir.

Pastikan untuk segera mencuci blender sesaat setelah digunakan. Caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan air seperempat sampai setengah tabung dan menyalakan mesin blender selama beberapa saat. Tambahkan beberapa iris jeruk nipis jika blender berbau amis. Hal tersebut bertujuan agar air bisa menjangkau seluruh bagian blender untuk dibersihkan.

2. Bersihkan tabung blender dengan sabun dan air mengalir

Setelah proses permbersihan pertama selesai, lepas tabung blender dari mesinnya dan bersihkan dengan sabun, lalu bilas di air mengalir. Khusus untuk mesin blender, cukup dilap basah seluruh bagiannya. Namun pastikan dulu bahwa kabelnya tidak sedang terpasang ke sumber listrik, ya.

3. Keringkan blender

Setelah memastikan tabung blender benar-benar bersih, keringkan blender dan tutupnya. Lalu simpan di lemari perabot.

Cara merawat blender

1. Jangan mengisi tabung blender terlalu penuh

Demi menjaga agar blender yang anda punya awet, usahakan untuk tidak mengisi tabung blender sampai penuh. Cukup seperempat atau setengah tabung saja. Memblender terlalu banyak hanya akan membuat mesin blender menjadi panas karena bekerja terlalu keras untuk menghaluskan bahan makanan. Hal tersebut akan membuat blender yang anda punya cepat rusak.

2. Potong bahan makanan sebelum dimasukkan ke dalam blender

Meskipun fungsi utama blender adalah untuk menghaluskan makanan, bukan berarti anda bisa memasukkan bahan makanan utuh ke dalam blender. Pastikan untuk memotong bahan makanan yang anda punya menjadi beberapa bagian sebelum dimasukkan ke dalam tabung blender. Selain membuat kerja mesin blender jadi ringan, makanan yang anda blender pun akan lebih cepat halus.

3. Jangan menyalakan mesin blender terlalu lama

Ini adalah salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan sehingga menyebabkan blender cepat rusak. Karena ingin makanan cepat halus, anda menyalakan mesin blender terlalu lama sampai mesinnya panas. Jangan menyalakan mesin blender melebihi batas waktu maksimal. Biasanya 10-30 menit, tergantung dari jenis dan merek blender.

Untuk memastikan, anda bisa mengeceknya di buku petunjuk penggunaaan blender yang terdapat pada box blender. Jika makanan anda masih belum cukup halus, anda bisa mengulangi proses memblender beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang benar-benar diinginkan.

Merawat blender itu memang gampang-gampang susah. Tapi jika anda tahu triknya, dijamin deh blender yang anda punya bisa awet sampai bertahun-tahun. Buktikan saja sendiri!