(Image: Shutterstock)

Penulis: Selly.J | Editor: Ria

Blender merupakan salah satu alat yang wajib ada di dapur kita. Alat yang satu ini memang memiliki banyak kegunaan ketika kita memasak, misalnya sebagai penggiling bumbu dapur dan penggiling daging. Untuk lebih jelasnya, yuk simak jenis-jenis blender berdasarkan fungsinya.

1. Stand Blender

stand-blender

Stand blender atau yang lebih dikenal dengan blender konvensional ini merupakan jenis blender yang paling sering kita temui. Stand blender yang dilengkapi dengan gelas dan pisau di bagian bawah ini bisa digunakan baik untuk mengolah makanan maupun minuman. Gelas blender terdiri dari berbagai macam ukuran. Untuk mengolah bumbu dapur, biasanya terdapat juga gelas blender yang berukuran kecil. Selain itu, kemampuannya untuk menghancurkan es batu hingga halus membuat blender jenis ini juga cocok digunakan bagi kita yang suka membuat jus dan smoothie.  Sayangnya, stand blender tidak sepraktis blender-blender lainnya. Harga stand blender ini berkisar antara murah hingga mahal.

Cara perawatan stand blender tidaklah rumit. Setelah menggunakan stand blender, kita sebaiknya mencuci gelas dan tutup blender. Sementara itu, body blender cukup kita bersihkan menggunakan lap. Pastikan juga untuk membersihkan bagian mata pisaunya ya.

2. Personal Blender

personal-blender

Nah jika stand blender bisa digunakan untuk berbagai keperluan, personal blender hanya dapat digunakan khusus untuk membuat smoothie. Tidak heran, gelas pada personal blender ini juga menjadi botol untuk smoothie kita, istilah keren-nya yaitu shake and take. Karena hanya berfungsi untuk membuat smoothie, kemampuan personal blender tidaklah sekuat stand blender. Harga personal blender sendiri berkisar antara murah hingga mahal.

Sementara itu, cara perawatannya tidaklah berbeda dengan blender konvensional, yakni dengan mencuci gelas blender setelah digunakan dan membersihkan mata pisau blender.

3. Hand Blender

hand-blender

Hand blender merupakan jenis blender yang praktis karena kita tidak membutuhkan gelas blender untuk menggunakannya. Kita dapat langsung menggunakan hand blender pada wadah apapun yang kita inginkan. Kita juga dapat menemukan hand blender yang menggunakan kabel dan tidak menggunakan kabel. Blender ini bisa digunakan untuk menghancurkan/ menghaluskan, mencincang/ mencacah, mengocok, dan tentunya menggiling bahan makanan. Karena kecanggihannya ini, hand blender memiliki kisaran harga antara medium hingga mahal. Semakin mahal harganya, maka akan semakin banyak kemudahan yang ditawarkan. Seperti adanya beberapa pilihan mata pisau, pilihan kecepatan penggunaan, teknologi anti berantakan yang mampu menahan bahan makanan tetap di tempatnya, penggunaan daya listrik yang lebih rendah, hingga teknologi anti berisik.

Cara membersihkannya adalah dengan menyalakan hand blender ini pada wadah berisi air yang telah dicampur dengan sabun, kemudian bilas hingga bersih, dan jangan lupa untuk dikeringkan ya.

4. Food Processor

food-processor

Food processor merupakan perangkat dapur yang multifungsi. Jika dibandingkan dengan stand blender, mata pisau pada food processor lebih tajam sehingga dapat melakukan pekerjaan yang lebih berat daripada stand blender. Tidak heran, food processor mampu memproses bahan makanan yang lebih padat, berbeda dengan stand blender yang hanya bisa mengolah makanan dengan kandungan air ataupun menambah air sebelumnya. Selain untuk mengolah bahan makanan seperti kacang dan bumbu dapur, food processor juga bisa lho digunakan untuk mengolah adonan kue hingga kalis. Karena fungsinya yang beragam, food processor memiliki kisaran harga yang medium sampai mahal.

Karena memiliki komponen yang lebih banyak, kita harus ekstra sabar ya ketika membersihkan food processor. Semua bagian-bagian food processor kecuali bagian mesinnya, perlu kita cuci. Sementara itu, bagian mesinnya juga perlu kita lap, karena biasanya terdapat sisa-sisa bahan makanan yang menempel di dekat pisau.

Jadi jenis blender apa yang paling sesuai untuk kamu? Sesuaikan dengan aktifitas apa yang paling sering kamu lakukan di dapur yah, apakah hanya membuat jus ataukah untuk mencampur dan menghaluskan bahan-bahan masakan? Tentu saja, sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki dong. Dapatkan produk dengan best deal everBe a smart buyer, ladies!

 

 

Tips Memilih Blender Sesuai Kebutuhan dan Budget
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)