(Image: Amazon)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Sendok dan garpu merupakan alat makan dasar yang sangat penting dan wajib tersedia di setiap rumah. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang memperhatikan kebersihannya. Padahal kedua alat makan tersebut nantinya bersentuhan langsung dengan makanan dan mulut anda. Sudah terbayang dong, bahayanya jika anda tidak merawat garpu dan sendok dengan benar. Yuk, sebelum alat makan anda malah jadi berkarat dan tidak bisa digunakan lagi, rawatlah dengan baik mengikuti cara-cara di bawah ini.

1. Cuci dengan sabun pencuci

Salah satu hal termudah yang bisa anda lakukan untuk merawat sendok dan garpu adalah dengan mencucinya. Tapi, mencuci dengan air saja tidak cukup untuk melenyapkan noda, terutama minyak yang menempel pada sendok dan garpu anda. Jadi, cucilah sendok dan garpu dengan menggunakan sabun pencuci piring dan peralatan makan agar sendok dan garpu anda bersih dengan sempurna.

2. Cuci dengan tambahan soda kue

Jika ada sendok atau garpu yang memiliki bercak, noda, atau goresan, anda bisa mengatasinya dengan soda kue. Cukup campurkan soda kue dengan air, lalu gosokkan pada bagian sendok atau garpu yang bermasalah. Diamkan beberapa saat lalu cuci sendok dan garpu dengan spons lembut.

3. Rendam sendok dan garpu dengan cuka putih

Jika sendok dan garpu anda berkarat, jangan langsung dibuang. Anda bisa mencoba menghilangkan karat tersebut dengan merendam sendok dan garpu anda di dalam wadah berisi cuka putih. Diamkan garpu dan sendok selama beberapa saat, lalu gosok sendok dan garpu anda dengan lap bersih sampai karat terangkat. Setelah itu, cuci sendok dan garpu seperti biasa.

4. Gunakan sikat cuci

Biasanya, sendok dan garpu memiliki motif hiasan yang cekung pada pegangannya. Dan tanpa anda sadari, makanan sering menyempil di sana. Untuk membersihkan sisa makanan  tersebut, anda bisa merendamnya dalam larutan pencuci piring yang diencerkan, lalu bersihkan bagian pegangan sendok dan garpu tersebut dengan menggunakan sikat cuci atau sikat gigi bekas.

5. Keringkan sendok dan garpu sebelum disimpan

Setelah dicuci, sebaiknya anda langsung mengeringkan sendok dan garpu anda. Anda bisa mengangin-anginkan sendok dan garpu sampai air surut. Atau jika ingin lebih cepat, anda bisa lap sendok dan garpu dengan kain kering yang bersih. Mengeringkan sendok dan garpu sebelum disimpan bisa mencegah kuman hinggap karena kondisinya yang lembap.

6. Simpan sendok dan garpu di wadah tertutup

Karena rentan terkontaminasi debu dan kotoran yang ada di udara sekitar, sebaiknya anda menyimpan sendok dan garpu yang sudah bersih dalam wadah tertutup.

7. Hindari menyimpan pewangi di dekat sendok atau garpu

Mungkin karena ingin sendok dan garpu anda bebas dari bau, anda lantas menyimpan pewangi di dalam atau dekat wadah penyimpannya. Padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Hindari menyimpan pewangi atau kamper di dekat sendok dan garpu, sebab wanginya akan menempel kuat dan membuat alat makan jadi tidak nyaman digunakan.

Perawatan di atas cukup sederhana untuk diterapkan, ya. Sendok dan garpu di rumah anda dijamin akan jadi bersih, tahan lama, serta aman dan nyaman untuk digunakan sehari-hari. Semoga membantu!