Penulis: Valentina.J

Bang, acarnya dikasih yang banyak ya!

Siapa hayo diantara teman-teman yang suka minta tambah acar saat di tukang nasi goreng? Gapapa, semua boleh ngacung kok, karena saya juga salah satu pelaku yang selalu minta tambah acar saat memesan nasi goreng. Acar khas Indonesia yang terdiri dari timun, bawang dan wortel ini memang terasa sangat segar dan cocok sekali dimakan bersama nasi goreng ya! Nyam nyam.

Hmm, tapi tahukah teman-teman bahwa ternyata acar itu tidak hanya ada di Indonesia loh. Banyak negara lain yang juga memproduksi acar (atau pickles dalam bahasa Inggris) yang disesuaikan dengan ciri khas negara tersebut. Nah, ada apa saja ya? Yuk segera simak artikel berikut karena ResepKoki sudah siap membawa kamu keliling dunia untuk mengenal aneka acar di sana.

1. Acar Indonesia

acar-kuning
(Image: MasterResep)

Wah, kalau acar yang berasal dari Indonesia, pasti sudah paham banget ya. Acar Indonesia yang paling terkenal adalah acar mentimun yang biasanya terdiri dari campuran wortel, timun, bawang merah dan cabai. Tapi tentu saja masih banyak resep-resep acar lain yang berasal dari Indonesia seperti acar nanas, acar sayuran dan acar kuning. Resep-resep ini juga sudah mengalami pencampuran ide dari negara tetangga kita. Nah, makanya ladies jangan bingung ya kalau acar-acar di negara lain tidak jauh beda dengan acar negara kita.

2. Acar Singapura

acar-singapore
(Image: Everybodyeatswell)

Negara tetangga kita, Singapura, memiliki menu acar yang terkenal yaitu acar buah yang dikonsumsi bersama nasi briyani. Acar buah ini rasanya sedikit pedas dan terdiri dari kismis, aprikot, manga serta campuran rempah-rempah. Cara memasaknya sedikit lebih rumit daripada acar mentimun khas Indonesia karena harus mengeluarkan bau-bauan dari rempah yang digunakan. Tetapi, rasa dari acar Singapura ini sangat khas dan hmm yummy banget!

3. Acar Malaysia

acar-malaysia
(Image: Curiousnut)

Karena berasal dari nenek moyang yang sama, negeri Malaysia (dan juga Singapura sebenarnya) memiliki acar khas yaitu acar mentimun. Tetapi ada bahan lain kok yang membedakan acar dari Malaysia dengan acar Indonesia yaitu penggunaan bahan terong, kacang panjang dan kunyit. Acar Malaysia juga memiliki perbedaan dengan acar mentimun khas Singapura yaitu tidak ada buah nanas di dalamnya. Perbedaan lainnya nih ladies, acar Malaysia atau biasa disebut juga acar nyonya biasanya dimakan bersama nasi lemak sebagai makanan pendamping. Nyam nyam!

4. Acar Thailand

acar-thailand
(Image: Bite)

Sawadee ka! Pemberhentian berikutnya adalah acar Thailand. Acar Thailand dikenal dengan nama achat. Penyusun achat enggak beda jauh dengan acar negara kita yaitu mentimun, cabe merah, bawang merah, cuka, gula dan garam. Rasanya juga mirip-mirip lah ya. Achat biasanya disajikan bersama sate bahkan dijadikan cemilan di Thailand. Segernyaa!

5. Acar Tiongkok

chinese-pickles
(Image: Chinamemo)

Ladies pernah memakan mie sapi khas Taiwan? Nah, biasanya acar Tiongkok ini disajikan bersama hidangan tersebut. Acar ini berasal dari kubis mentah yang direndam dalam cuka dan potongan cabai. Rasanya tentu saja segar dan renyah. Acar ini juga bisa loh dimakan sebagai pendamping nasi atau bahkan sebagai appetizer.

6. Acar Korea

(Image: Kimchimari)

Kimchi, Kimchi! Wah, ladies pasti sangat mengenal acar Korea yang satu ini ya! Kimchi atau sawi yang di fermentasikan ini merupakan salah satu acar khas dari Korea. Kimchi merupakan makanan pendamping, bahkan bisa disebut lauk bagi orang Korea. Nah, kimchi juga sebenarnya tidak hanya berasal dari sawi tetapi juga bisa dari jenis sayuran lain seperti lobak, sawi hijau, daun bawang, akar selada bahkan mentimun juga loh!

7. Acar Amerika

(Image
(Image: Buddysviewbbq)

Acar khas Amerika ini dapat kamu temukan dengan mudah di burger sapi khas restoran Amerika. Potongan timun dan dill yang difermentasikan dalam botol kaca yang berisi cuka dan garam ini memiliki rasa renyah, asam dan sedikit asin. Hmm, sedap sekali ya!  Oh ya, selain dikonsumsi bersama burger, acar Amerika juga bisa dikonsumsi sebagai makanan ringan di saat musim panas.

8. Acar Jepang

tsukemono
(Image: Japanesecooking101)

Acar terakhir yang akan kita bahas adalah acar Jepang. Acar Jepang dikenal juga dengan sebutan tsukemono, yang terdiri dari lobak Jepang, timun, terong, wortel, kubis, akar teratai, jahe, bawang merah dan plum. Banyak banget! Terkadang bahkan acar Jepang juga dilengkapi dengan rumput laut dan makanan dari laut lainnya.

Nah, salah satu jenis tsukemono yang paling terkenal adalah umeboshi. Umeboshi adalah plum Jepang yang sudah difermentasikan. Rasanya sangat asin dan asam, oleh karena itu biasanya umeboshi digunakan sebagai isian onigiri. Kalau di Indonesia, teman-teman bisa mencicipi umeboshi ini di salah satu restoran sushi ternama, karena di restoran ini umeboshi disajikan di atas nasi kari ala Jepang.

Perjalanan mengenal acar sudah usai! Sekarang teman-teman sudah tahu banyak kan mengenai jenis-jenis acar di mancanegara. Nah, satu hal lagi nih yang perlu ladies diketahui dari acar. Meskipun acar memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, konsumsi acar sebaiknya jangan berlebihan ya. Acar biasanya mengandung kadar garam atau gula yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan melar ke samping!