Resep Bawang Goreng

Gambar Hasil Membuat Resep Bawang Goreng

Bahan-bahan

Hasil:
Bawang merah - 1/2 kg
Garam - 1 sdt
Kaldu ayam bubuk - 1/2 sdt
Minyak goreng - 1 liter
Beli bahan dan peralatan masak - DISINI JAMIN TERMURAH

Resep Bawang Goreng

  • 30 menit
  • Hasil: 1 toples kecil
  • Tingkat kesulitan: 30 menit

Ingredients

Catatan

IG:@trieko_ok

Bawang merah goreng yang renyah sangat nikmat untuk penyedap dan juga cantik sebagai hiasan. Bawang goreng kerap dipakai dalam sajian sup, nasi uduk, nasi goreng, ditaburkan ke pangsit sebagai hiasan, dan dicincang dan ditambahkan ke adonan bakso.

Jika Anda suka menaburkan bawang goreng pada makanan, lebih baik buat sendiri saja. Setidaknya lebih sehat, bersih, dan minyaknya lebih berkualitas.

Baca Juga:


Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]

Langkah

1
Sudah

Kupas bawang merah, kemudian iris tipis.

2
Sudah

Setelah itu, cuci bawang dalam rendaman air dan garam. Lalu buang airnya.

3
Sudah

Dalam wadah, taruh bawang dan beri kaldu ayam. Aduk hingga kaldu tercampur rata dengan bawang.

4
Sudah

Nyalakan kompor, masak diatas api sedang-kecil. Goreng bawang dengan minyak yang belum panas sambil terus diaduk hingga minyak menjadi panas. Aduk sesering mungkin dengan garpu untuk mendorong cincin terpisah, sampai bawang merah berwarna keemasan, sekitar 15-20 menit. Awasi dan angkat segera saat keemasan, karena begitu bawang mulai coklat mereka akan begitu cepat gelap / gosong.

5
Sudah

Tiriskan bawang merah dengan saringan untuk dikeringkan, lalu pindahkan ke kertas serap minyak. Biarkan sampai seluruh panasnya hilang. Siap disajikan atau disimpan dalam toples.

6
Sudah

tips

1. Pilih bawang yang berukuran sedang, potong harus tipis agar bawang garing. Namun jangan terlalu tipis sekali agar tidak cepat gosong. Iris tipis sekitar 0,2 cm.

2. Ketika angkat bawang jangan menunggu hingga matang sekali karena proses matang bawang juga setelah diangkat.

3. Rendam irisan bawang merah dalam air garam untuk mengurangi kelembapannya. Dengan begitu, bawang merah goreng akan menjadi lebih renyah. Namun, disarankan untuk tidak terlalu lama merendamnya karena bisa membuat rasa gurih bawangnya hilang. Keringkan bawang merah dengan lembut sebelum digoreng agar minyak tidak terciprat.

4. Memulai menggoreng bawang merah dengan minyak dingin, ini menjamin bahwa setiap irisan akan benar-benar renyah dan berwarna coklat keemasan merata tanpa gosong.

5. Setelah bawang goreng matang, dinginkan hingga mencapai suhu ruangan, lalu simpan di dalam toples kedap udara dan taruh di tempat yang sejuk seperti kulkas.

Add Your Comment