Penulis: Windy | Editor: Ria

Cobek merupakan alat tradisional untuk menghaluskan bumbu atau sambal. Hasilnya yang lebih halus dan membuat citarasa lebih nikmat menjadi alasan masih banyak yang menggunakan.

Cobek biasanya terbuat dari batu maupun dari kayu. Dan kebanyakan orang memilih menggunakan cobek batu karena lebih awet. Namun, pori-pori cobek batu sangat kecil, sehingga sering meninggalkan sisa bumbu di dalamnya. Tapi ada perawatan-perawatan khusus yang perlu dilakukan agar cobek tetap bersih dan tahan lama.

1. Rendam cobek

Setelah membeli cobek baru, anda pasti tidak sabar untuk menggunakannya. Sebelum menggunakannya, rendam cobek dalam air selama satu malam. Lalu cuci cobek di bawah air mengalir agar kotoran yang menempel terbuang.

Merendam cobek semalaman bermanfaat untuk mengetahui kebocoran pada cobek. Dan warna air rendaman juga untuk mengetahui bahan cobek asli dari batu atau campuran.

Baca juga: Aneka Bahan Dasar Cobek

2. Gunakan ampas kelapa

Untuk membersihkan pori-pori cobek baru anda perlu menggunakan ampas kelapa. Ampas kelapa akan membantu menghilangkan sisa batu pahatan cobek.

Sebanyak 3 sendok makan ampas kelapa dituang ke cobek lalu ulek sampai keluar minyak. Selain keluar minyak, ampas juga akan berwarna hitam. Ulek ampas kelapa sebanyak 4 kali sampai perubahan warna tidak mencolok.

Baca juga: 4 Cara Mengulek Sambal dan Bumbu dengan Mudah

3. Olesi cobek dengan minyak kelapa

Agar sambal tidak berbau tanah dan ada pasir saat selesai diulek dengan cobek baru, maka lakukan tahap ini. Olesi permukaan cobek dengan minyak kelapa hingga rata. Panggang cobek diatas api kecil hingga berubah jadi kehitaman dan mengeluarkan asap.

Angkat cobek lalu bersihkan dengan air mengalir. Untuk mendapatkan cobek yang bersih ulangi 2-3 kali.

4. Bersihkan dengan sikat dan sabun

Perawatan cobek sehari-hari pun perlu diperhatikan. Anda perlu membersihkan cobek dengan benar agar tidak tersisa lagi bumbu atau sisa makanan. Kalau tersisa, pertumbuhan jamur dan lumut akan  sangat cepat di cobek.

Bersihkan cobek dengan sikat plastik dan sabun. Sikat cobek dengan sabun hingga benar-benar bersih dari sisa-sisa bumbu.

5. Simpan di tempat kering

Tempat penyimpanan cobek akan mempengaruhi kondisi cobek. Cobek batu akan lebih tahan jamur jika disimpan di tempat kering atau tidak lembab.

Setelah mencuci cobek dengan air, anda harus mengeringkan cobek dahulu. Keringkan cobek dibawah sinar matahari atau bakar cobek diatas kompor. Jika cobek dan tempat simpan tidak kering atau lembab maka cobek akan mudah jamuran.

Baca juga: 5 Tips Membuat Sambal yang Enak dan Mantap

Yuk, mulai sekarang rawat cobek batu anda. Kalau merawat dengan benar, maka cobek batu anda tetap baik untuk digunakan jangka panjang. Anda pun bisa lebih hemat karena tidak harus sering membeli cobek batu yang baru.

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi