Penulis: Tia | Editor: Ria

Setiap selesai memasak, berbagai aroma muncul di dapur. Kalau hanya aroma masakan yang lezat saja, mungkin tidak masalah. Tapi kalau bercampur dengan bau dari bahan makanan dan sampah masakan, duh aroma dapur jadi kacau dan tidak sedap.

Bau yang tidak sedap ini jelas sangat mengganggu dan bikin malas berada di dapur. Namun, harus segera diatasi supaya bau tidak jadi menetap. Bagaimana cara mengusir bau-bau tidak sedap ini? ResepKoki punya 5 cara yang bisa anda ikuti.

1. Taburkan baking soda

Baking soda memang bahan dapur yang serbaguna. Tidak hanya untuk membuat kue mengembang, baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir bau tidak sedap di dapur. Caranya, setelah memasak, taburkan baking soda di beberapa sudut dapur. Biarkan beberapa saat sampai bau tidak sedap mulai pudar. Kemudian bersihkan lagi baking soda tersebut.

Baking soda ini dapat menyerap bau asam di udara akibat proses memasak. Jadi, untuk menjaga kesegaran dapur, usahakan selalu menaburkan baking soda setelah memasak, ya.

Baca juga: Apa Bedanya? Baking Soda vs Baking Powder

2. Rebus air dan kulit jeruk

Anda pasti sudah tahu kan kalau jeruk punya aroma yang segar? Nah, aroma jeruk ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau-bau yang tidak sedap di dapur, terutama bau amis dan gosong.

Pertama, rebus air terlebih dahulu sampai mendidih. Sedikit saja dan menggunakan panci kecil. Kemudian, masukkan kulit jeruk ke dalam air dan rebus lagi hingga aroma jeruk menguap. Kira-kira sekitar 2 menit. Bau amis bekas mengolah ikan atau bau gosong dari wajan akan sirna dalam sekejap.

3. Taruh arang di tempat sampah

Bau tidak sedap yang muncul di dapur seringnya berasal dari tempat sampah. Untuk itu, anda perlu mengatasi bau dari tempat sampah ini terlebih dulu supaya tidak mencemari udara di dapur.

Selain dengan membuang sampahnya secara rutin, anda bisa meletakkan sekitar 5-7 buah arang di dalam tempat sampah. Arang ini dapat menyerap bau tidak sedap dengan cukup cepat. Jadi, sangat efektif untuk menjaga kenetralan bau di tempat sampah.

4. Gunakan ramuan cuka dan air jeruk nipis

Setelah memasak, biasanya meja dapur akan penuh dengan minyak dan kotoran. Kalau tidak segera dibersihkan, minyak dan kotoran ini bisa jadi sumber bau tak sedap di dapur.

Salah satu cara yang sangat efektif untuk membersihkan minyak dan kotoran adalah menggunakan ramuan cuka dan air jeruk nipis. Pertama, campur cuka dengan air, lalu celupkan spons pembersih ke dalamnya dan gunakan untuk mengelap area yang kotor dan berminyak tersebut. Kemudian, lap lagi bagian tersebut menggunakan campuran air jeruk nipis dan air hangat. Terakhir, keringkan area yang basah menggunakan lap kering.

Baca juga: 3 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Rumah

5. Letakkan biji kopi atau kopi bubuk dalam wadah terbuka di dapur

Bau tidak sedap di dapur lebih baik dicegah sebelum muncul. Cara yang cukup jitu untuk mencegah bau tidak sedap adalah dengan meletakkan segenggam biji kopi ke dalam wadah terbuka dan letakkan di meja dapur. Kalau tidak punya biji kopi, anda bisa menggantinya dengan sebungkus kopi bubuk murni yang banyak dijual di warung. Kopi ini dapat berperan sebagai penyerap dan juga penetral bau. Jadi, udara di dapur anda akan selalu terasa segar tanpa gangguan bau tak sedap.

Kelima tips di atas memang dapat mengusir bau tidak sedap yang ada di dapur. Namun, untuk selalu memiliki dapur yang sehat dan beraroma segar, kebersihan adalah kunci utamanya. Selalu bersihkan dapur anda setelah memasak dan jangan lupa rutin membuang sampahnya, ya.