Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Sejujurnya, saya sedang berusaha mengurangi makanan goreng atau bersantan. Sebab saya merasa makanan tersebut kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena itulah, saya berusaha untuk lebih banyak mengonsumsi makanan berkuah bening seperti sop atau sayur. Nah, agar lebih nikmat, air kaldu jadi bahan wajib supaya rasanya lebih mantap. Meski saat ini sudah banyak kaldu instant bubuk/blok yang dijual, saya tetap lebih suka kaldu buatan sendiri.

Agak repot memang, tapi dijamin sebanding dengan hasilnya. Saran saya, anda bisa membuat banyak kaldu sekaligus, lalu disimpan dalam freezer untuk stok memasak berikutnya. Cek yuk tipsnya berikut ini untuk membuat stok kaldu yang pekat, gurih, enak, jernih, dan bebas bau amis.

1. Perhatikan pemilihan bahan

Umumnya, orang-orang menggunakan tulang dan ceker ayam untuk membuat kaldu, karena harganya yang terjangkau. Namun, akan jauh lebih baik jika anda menggunakan tulang sumsum sapi. Di dalam tulang sumsum sapi terdapat banyak lemak yang bisa membantu agar rasa kaldu anda semakin gurih. Tapi jika anda hanya punya tulang daging ayam saja, tak masalah kok.

Jika anda bisa mengolahnya dengan tepat, maka rasanya tidak akan kalah dari kaldu sapi. Nah, apa pun jenis kaldu yang anda pilih, pastikan bahannya masih segar ya supaya rasanya juga lebih enak.

Baca juga: Apa Bedanya? Kaldu vs Stock

2. Rebus tulang terlebih dahulu

Untuk mendapatkan kaldu yang bening dan bagus, sebaiknya anda melakukan dua kali proses perebusan. Perebusan yang pertama bertujuan untuk menyaring seluruh kotoran dan darah (buih berwarna abu-abu dan kecokelatan) dari tulang agar keluar dan terangkat ke permukaan air. Setelah anda yakin seluruh kotoran tulang sudah terangkat, segera buang air rebusan tersebut lalu ganti dengan air rebusan yang kedua. Pada tahap perebusan kedua ini, barulah anda bisa mendapatkan sari tulang dan lemak daging untuk kaldu.

Baca juga: 5 Tips Membuat Kuah Kaldu yang Bening dan Kaya Citarasa

3. Tambahkan rempah

Meskipun anda sudah memilih tulang yang segar, tapi kadang bau amis masih saja ada. Nah, untuk menyiasati hal tersebut, anda bisa menambahkan rempah seperti bawang bombay, daun bawang, wortel, seledri, atau jahe. Penambahan rempah tersebut juga bisa membantu rasa kaldu anda semakin gurih.

Baca juga: Cara Membuat Kaldu Seafood

4. Masak kaldu dalam api kecil

Poin ini sangat mempengaruhi rasa dan tekstur kaldu anda. Usahakan untuk menggunakan api kecil ketika merebus kaldu, agar seluruh sari dari daging dan tulang bisa keluar secara maksimal. Rebus selama 1-3 jam dan jangan lupa tutup panci dengan rapat.

Baca juga: Cara dan Tips Membuat Kaldu Bubuk Homemade

5. Simpan sisa kaldu dalam wadah kedap udara

Jika kaldu anda sudah matang, segera saring dan pindahkan kaldu ke wadah lain. Selanjutnya, anda bisa langsung menggunakan kaldu tersebut untuk memasak. Tapi jika anda tidak akan langsung menggunakannya, anda bisa memasukkan kaldu ke toples kaca yang kedap udara. Tutup rapat lalu simpan di dalam freezer agar kaldu tahan lama.

Baca juga: Tips Menyimpan Kaldu Ayam Agar Tahan Lama

Dengan mengikuti tips di atas, saya yakin anda bisa membuat kaldu yang super gurih, bening, dan bebas bau amis. Beberapa resep berikut pasti akan jadi lebih istimewa bila ditambahkan kaldu lezat tadi.