Penulis: Windy

Sayur adalah salah satu sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam satu hari kita diharapkan bisa mengonsumsi sayuran sebanyak 250 gram atau 2.5 porsi. Namun, kenyataannya memakan sayuran sebanyak itu dengan cara direbus atau dibuat sup sangat membosankan ya?.

Beberapa hari yang lalu karena bosan, saya mencoba membuat sayuran krispi atau keripik. Selain nanti bisa dijadikan cemilan sehat, mudah juga lho membuatnya.

1. Bayam

Keripik bayam sudah ada sejak lama menjadi sayuran krispi favorit karena rasanya yang gurih dan nikmat. Bahan utamanya adalah daun bayam hijau atau merah yang lebar.

Mudah sekali membuat keripik bayam. Petik daun bayam, lalu cuci dan keringkan per helai. Setelah itu, daun bayam dibalut dengan tepung dan digoreng. Keripik bayam sangat renyah dan bikin nagih, lho.

Baca juga: 9 Variasi Olahan Bayam yang Unik & Lezat

2. Kale

Selain dijadikan campuran jus sehat atau salad, kale juga bisa dijadikan makanan cemilan. Rasa keripik kale tak kalah enak dengan keripik bayam.

Cara membuat keripik kale tidak jauh berbeda dengan keripik bayam. Cuci kale lalu potong bagian batang dan keringkan kale. Setelah itu balut daun kale dengan tepung dan goreng dengan teknik deep frying.

Baca juga: Tips Menyimpan & Mengolah Kale

3. Terong

Ada cara lain untuk menikmati terong selain balado, dibuat menjadi keripik terong. Rasa terong yang gurih dan manis sangat enak dijadikan keripik dan membuat anda ketagihan.

Potong terong tipis-tipis lalu oven terong dengan suhu 115°C selama 1.5-2 jam. Atau terong yang sudah dipotong sedang di balur dengan tepung dan goreng. Pilihlah terong ungu agar lebih enak.

Baca juga: 5 Inspirasi Olahan Terong yang Praktis dan Ekonomis

4. Tomat

Potongan tomat untuk salad atau acar pada burger sudah biasa. Kali ini coba lah keripik tomat. Rasa tomat yang asam dan berair berubah menjadi lezat dan nagih.

Untuk membuat keripik tomat, pilihlah tomat yang besar. Potong tomat tipis-tipis lalu oven dengan suhu 100 0C selama 4-5 jam. Untuk meningkatkan citarasa anda dapat menambahkan keju parmesan dan garam di atas tomat.

Baca juga: 4 Langkah Cepat & Praktis Mengupas Tomat Merah

5. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran kaya vitamin. Menyantapnya pun tak melulu untuk campuran sop atau jus, dijadikan keripik pun bisa. Rasa keripik wortel manis dan gurih saat memakannya.

Pertama, cuci wortel hingga bersih lalu potong tipis memanjang. Setelah itu oven wortel dengan suhu 200°C selama 12-15 menit. Jangan lupa taburi garam atau bubuk perasa lainnya agar rasanya lebih enak.

Baca juga: 5 Olahan Unik dan Praktis Dari Wortel

Untuk keripik cemilan nanti dari sayur apa nih? Semuanya enak dan sehat ya. Tidak perlu takut lagi ngemil malam-malam, tapi jangan terlalu banyak juga ya. Selamat mencoba!