Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Tidak semua orang suka makan wortel, terutama anak-anak. Dulu waktu kecil, saya pun tak suka sayur berwarna jingga ini. Ketika ibu membuat sup makaroni, saya pasti tidak mengambil wortelnya atau justru menyisihkannya dari mangkuk. Sebab, sayur ini beraroma agak langu dan terasa aneh menurut saya waktu itu. Saking enggannya menyantap wortel, akhirnya ibu pun menyiasati sayur ini dalam berbagai hidangan sehingga saya bisa menyantapnya.

Wortel adalah jenis sayur yang sebetulnya punya banyak manfaat. Sebutlah vitamin A dan vitamin C, tapi ternyata ada kandungan lain seperti antioksidan yang bagus untuk daya tahan tubuh dan kesehatan kulit. Nah, meskipun aromanya agak langu, wortel termasuk bahan makanan yang mudah diolah, lho. Dengan beberapa trik dan inspirasi menu, kita bisa menyulap sayuran ini jadi beragam makanan gurih dan manis seperti yang satu ini.

1. Kue Wortel atau Carrot Cake

Carrot cake lembut

Kue satu ini ternyata pernah hits, lho. Meskipun dibuat dari wortel, kue yang manis dan lembut ini sama sekali tak terasa langu. Malahan, carrot cake ini terhitung lebih sehat karena rendah kalori. Wah, penasaran kan?

Wortel tidak perlu dihaluskan jadi puree, tapi cukup diserut atau diparut saja sebelum dicampurkan bahan-bahan lainnya seperti tepung, telur, gula, dan margarin/minyak. Dengan cara ini, air yang terkandung dalam wortel tidak hilang, melainkan berubah jadi rasa manis alami dan tekstur moist. Selain itu, rasa khas wortel yang bertekstur akan lebih menyebar ke seluruh bagian kue. Sebagai topping, tambahkan buttercream, cream cheese, atau hias dengan fondant berbentuk wortel!

2. Sup Krim Wortel atau Carrot Potage

(Image: wellposted.com)

Olahan wortel yang satu ini pas disantap saat udara dingin. Seperti halnya sup krim, carrot potage punya tekstur yang kental dan creamy. Poin plusnya, anda tak perlu banyak-banyak menambahkan maizena, susu cair, atau keju karena tekstur wortel yang sudah dihaluskan pun sudah cukup kental. Hmm, jadi lebih sehat dong ya?

Haluskan wortel yang sudah dipotong dadu dengan blender. Tambahkan sedikit air atau kaldu agar lekas halus. Lalu, tumis bawang hingga harum, masukkan puree wortel, dan aduk hingga tercampur rata. Tambahkan air atau kaldu sedikit demi sedikit hingga kentalnya sesuai, dan terakhir tambahkan bahan-bahan pengental seperti susu, maizena (yang sudah dicairkan lebih baik), atau parutan keju. Hidangkan selagi hangat!

Coba resep: Cream Soup Ayam

3. Nugget Wortel

Nugget sayur sehat

Wah, makanan yang satu ini tentunya bisa dibuat lauk atau cemilan, ya. Tak hanya anak-anak, nugget bisa dinikmati oleh semua kalangan, bahkan sebagai santapan harian atau bekal makan siang. Nah, kalau biasanya dibuat dari olahan daging, nugget ini jauh lebih sehat karena dibuat dari wortel. Soal rasa pun tak kalah dari jenis nugget lainnya, alias tetap gurih dan nikmat!

 

Serut atau parut wortel dan campurkan pada bahan-bahan pembuat nugget seperti terigu, daging ayam giling, maizena, bawang putih, bawang bombay, dan aneka bumbu. Aduk hingga rata lalu bentuk menjadi nugget dan kukus agar teksturnya padat. Selanjutnya, celupkan nugget pada kocokan telur, terigu, dan tepung roti, lalu diamkan sebentar di lemari pendingin hingga tepung luarnya set dan goreng secara deep-fry. Nikmati dengan saus cocol atau mayonaise pastinya lebih mantap!

4. Mie Wortel

(Image: Lumia)

Siapa yang tak suka mie? Jenis karbo satu ini biasanya jadi alternatif favorit pengganti nasi. Nah, supaya tak bosan, coba buat mie ala rumahan dengan rasa wortel! Mie wortel tak jauh beda dengan mie telur, hanya saja memang terasa lebih “wortel”. Selain itu, mie wortel ini berwarna jingga, jadi tentunya tersaji lebih cantik di piring anda.

Blender wortel dan sedikit air hingga halus, lalu saring dan ambil airnya saja. Selanjutnya, campurkan bahan-bahan dasar pembuatan mie seperti terigu, air, dan sari wortel hingga merata. Uleni adonan hingga kalis, diamkan, dan lenturkan hingga berbentuk tipis dan memanjang seperti mie. Potong sesuai selera, rebus, dan mie wortel siap dimasak jadi mie goreng, mie ayam pangsit, hingga bakwan mie.

Baca juga: Cara & Tips Membuat Mie Telur Homemade

5. Puding Wortel

(Image: Kikkoman Corp)

Puding adalah salah satu pencuci mulut yang lembut dan bisa dibuat dengan aneka bahan, salah satunya adalah wortel. Selain lebih sehat, puding wortel tak butuh banyak gula atau pemanis karena ada rasa manis alami dari wortel itu sendiri. Tak hanya rasa, warna puding akan jadi jingga cantik yang alami, lho.

Haluskan wortel dengan blender hingga membentuk puree. Masak agar-agar kemasan bersama gula secukupnya hingga larut, lalu masukkan puree wortel dan aduk kembali sampai matang dan muncul gelembung yang meletup-letup di permukaan. Tuang dalam cetakan, masukkan dalam kulkas, dan nikmati. Psst, dijamin si kecil pasti doyan, deh!

Coba resep:  Puding Jagung

Wah, hidangan mana yang diluar dugaan anda, nih? Kalau ingin langsung buat, tak ada salahnya baca tips memilih dan mengolah wortel berikut ini supaya olahan wortel anda semakin mantap dan lezat. Selamat mencoba!