(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selama puasa, asupan vitamin tetap dibutuhkan dan justru menjadi sangat penting. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit. Salah satunya yaitu vitamin C. Dibanding mengonsumsi dalam bentuk suplemen, saya lebih senang untuk lebih banyak mengasup makanan yang jadi sumbernya. Lebih alami dan tanpa efek samping. Hal ini juga saya tekankan untuk dilakukan seluruh anggota keluarga di rumah. Alhasil, aneka bahan makanan berikut akan banyak tersedia di meja makan, kulkas, atau dapur di rumah.

1. Jeruk

jeruk peres

Selama ini, jeruk memang terkenal sebagai buah yang sangat tinggi akan vitamin C. Apalagi, rasa jeruk sangat enak dan menyegarkan, jadi banyak orang yang menyukainya. Selama puasa, anda bisa menyetok jeruk dalam jumlah lebih banyak. Tapi pastikan anda memilih jeruk manis ya agar saat menyantapnya, perut tidak ‘kaget’.

Baca juga: 8 Jenis Jeruk yang Bisa Dijumpai di Indonesia

2. Pepaya

Puding pepaya lezat

Di balik rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata pepaya juga buah yang tinggi akan vitamin C, lho. Kabar baiknya, selain bisa membantu menjaga daya tahan tubuh, mengonsumsi pepaya saat puasa juga bisa sekaligus membantu melancarkan pencernaan anda. Jadi jangan ragu untuk rutin mengonsumsi pepaya selama bulan puasa.

Baca juga: Cara Memilih & Mengonsumsi Pepaya yang Baik & Tepat

3. Blewah

Kalau buah yang satu ini dijamin deh tidak bisa anda tolak. Pasalnya, blewah sangat nikmat dicampurkan ke dalam sop buah untuk berbuka puasa. Karena selain rasanya yang manis dan menyegarkan, tekstur blewah juga lembut dan unik.

Coba resep: Sop Buah

4. Jambu biji

Ternyata selain rasanya yang manis, jambu biji termasuk ke dalam buah yang paling tinggi kandungan vitamin C-nya, lho. Selain dikonsumsi secara langsung, jambu biji juga cocok dibuat menjadi jus yang manis dan menyegarkan untuk berbuka puasa.

Baca juga: 7 Jenis Jambu Biji yang Ada di Indonesia

5. Paprika

tahu teriyaki istimewa

Beralih ke sayuran, anda bisa memperbanyak konsumsi paprika selama puasa. Meski tergolong ke dalam cabai, paprika memiliki rasa yang cukup manis dan juga renyah. Sehingga anda tak perlu khawatir akan sakit perut. Agar lebih nikmat, anda bisa mencampurkan paprika ke dalam aneka tumisan sesuai selera.

Coba resep: Tahu Teriyaki

6. Brokoli

tumisan brokoli kol praktis

Meski selama ini orang cenderung kurang menyukai brokoli, tapi nyatanya brokoli termasuk sayuran yang tinggi vitamin C. Jadi, sebisa mungkin masukkan brokoli  dalam aneka sajian menu selama bulan puasa. Anda bisa mengolah brokoli jadi banyak masakan, mulai dari tumisan, sup, hingga gorengan.

Baca juga: 7 Variasi Olahan Brokoli yang Ekonomis & Praktis

7. Kentang

mashed potato lembut

Siapa sangka kentang yang sering kita santap juga merupakan bahan sumber vitamin C, lho. Karena cukup mengenyangkan, anda bisa menjadikan kentang sebagai makanan pokok pengganti nasi. Lebih bervariasi dan juga tidak membosankan.

Coba resep: Mashed Potato

Ternyata selain buah-buahan, ada banyak sayur atau bahan lainnya yang jadi pangan sumber vitamin C, ya. Tinggal pilih saja mana yang sesuai selera anda.

7 Makanan Sumber Vitamin C yang Baik Dikonsumsi Selama Puasa
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)