Penulis: Graminda

Jadi wanita karir memang gampang-susah. Apalagi kalau sudah berkeluarga. Disaat waktu istirahat terbatas, harus tetap sempatkan masak demi keluarga. Setidaknya itulah yang saya rasakan sebagai ibu pekerja.

Biar tidak ribet harus masak tiap hari, saya selalu bikin stok masakan untuk seminggu. Caranya dengan masak “besar” tiap akhir pekan. Trik “masak sekali untuk seminggu” sangat mudahkan hidup saya. Perut keluarga pun aman terkendali!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Susun Menu untuk Seminggu

1. Ayam Saus Tiram

Olahan ayam memang selalu jadi favorit semua orang. Ditambah saus tiram yang mampu “sulap” makanan jadi enak seketika. Nah, jangan ragu untuk stok ayam saus tiram ini. Sebab, bisa tahan selama 3-4 hari, lho!

Pertama, goreng ayam yang sudah dicuci hingga matang. Setelah dingin, masukkan dalam wadah kedap udara dan simpan di kulkas. Kemudian giling bawang putih, jahe, dan garam lalu  simpan di kulkas. Agar tambah praktis, simpan pula irisan cabai merah serta bawang bombay.

Saat akan dihangatkan, campur bumbu giling, irisan cabai, saus tiram dan ayam goreng. Jadi, deh!

Coba Resep: Resep Ayam Saus Tiram Nikmat 

2. Lele Goreng

lele goreng kremes renyah

Lele goreng bisa jadi senjata ampuh bagi anda yang sibuk. Sebab, lele goreng tahan sampai 1 bulan di freezer! Apalagi bumbunya sederhana serta mudah dibuat.

Mula-mula cuci bersih lele dan lumuri dengan garam serta perasan jeruk nipis. Lalu giling bumbu halus berupa bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, kemiri, garam, dan lada. Olesi permukaan lele dengan bumbu halus dan simpan di freezer. Saat akan disantap, lele pun tinggal goreng!

Coba Resep: Resep Lele Goreng Kremes

3. Empal Gepuk

empal gepuk

Ini adalah resep penyelamat saat dikejar waktu. Tinggal goreng, langsung siap di packing, deh! Empal gepuk ini juga awet sampai 4 hari di kulkas. Kalu di freezer pastinya lebih lama, ya.

Rebus daging hingga empuk, kemudian tiriskan. Setelah itu, memarkan daging lalu sisihkan. Pada wajan, tumis bumbu halus termasuk kaldu, daging gepuk dan santan. Masak hingga air menyusut. Selanjutnya, masukkan daging dalam kulkas saat sudah dingin. Empal gepuk lembut dan gurih pun siap digoreng dadakan!

Coba Resep: Resep Empal Gepuk Empuk Lezat

4. Tumis Brokoli Wortel

Rasanya makan tidak akan lengkap tanpa sayuran. Kabar baiknya, sayuran pun bisa disimpan dalam kulkas atau freezer, lho. Di pagi hari, anda tinggal campur sayuran dengan bumbu. Jangan lupa beri sedikit air, ya!

Haluskan bawang putih, garam, dan lada. Lalu iris cabai merah dan bawang bombay. Simpan seluruh bumbu dalam kulkas.

Sedangkan brokoli, wortel, dan sayuran lainnya dipotong sesuai selera. Setelah dicuci, rebus sebentar saja sayuran tersebut dan tiriskan. Terakhir, masukkan dalam wadah kedap udara serta simpan di kulkas atau freezer.

tumisan brokoli kol praktis

Coba Resep: Resep Tumis Brokoli Wortel

5. Udang Saus Mentega

udang goreng saus mentega

Penyuka seafood dijamin suka dengan resep ini. Walaupun disimpan dalam kulkas, rasa dan aroma udang saus mentega tetap gurih! Anda hanya perlu hangatkan kuah dan udangnya sebentar saja.

Cuci  udang hingga bersih, termasuk pembuluh darah di bagian punggung. Kemudian, goreng udang sebentar saja. Lalu campur bumbu, kecap, saos tiram, kecap inggris, dan kecap manis. Tumis bumbu tersebut bersama mentega hingga harum.  Simpan udang goreng dan bumbu dalam kulkas terpisah. Bila akan dimakan, tumis bumbu dan udang. Gurihnya mantap!

Coba Resep: Resep Udang Saus Mentega Gurih

6. Telur Balado

Telur balado yang ekonomis ini sangat praktis dibuat. Walaupun disimpan seminggu dalam kulkas, rasa pedas gurihnya sama sekali tidak berubah.

Mulai dari cuci telur terlebih dulu. Setelah itu, rebus telur hingga matang. Simpan telur tersebut dalam kulkas. Sementara itu, haluskan bumbu balado. Masak hingga bumbu matang sempurna. Simpan pada wadah kedap udara dalam kulkas. Saat akan dimakan, campur telur dan sambal balado. Gunakan api kecil, ya! Agar putih telur balado tidak keras.

Coba Resep: Resep Telur Balado Praktis Ekonomis

7. Sop Sayur Bakso

Sop Bakso segar

Pastinya agak aneh untuk mencadangkan sop. Tapi dengan bantuan freezer, anda bisa nikmati sop tanpa harus masak berkali-kali.

Potong sayuran, bakso, daun bawang, dan seledri sesuai selera. Setiap bahan dipisahkan, lalu dimasukkan ke kulkas. Untuk bumbu, cukup giling bawang putih, bawang merah, jahe, lada, dan pala. Simpan dalam kulkas. Pagi hari, anda tinggal tumis bumbu halus, beri air dan kaldu, lalu masukkan sayuran. Beres, deh!

Coba Resep: Resep Sop Sayur Bakso

Tips masak dengan metode ini adalah harus pandai pilih jenis masakan. Sebab, tidak semua masakan bisa awet dan tetap enak hingga seminggu. Selamat mencoba!

7 Masakan Lezat untuk Stok Selama Seminggu
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4 (80%) 4 votes