Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Di bulan ramadan, sore hari memang paling asyik dihabiskan dengan ngabuburit. Nah, kegiatan ngabuburit favorit saya itu berburu aneka jajanan di pasar tradisional, alun-alun kota, atau sudut keramaian lainnya.

Anda pasti tahu dong, menjelang sore selama bulan ramadan, biasanya banyak sekali penjaja dadakan yang menawarkan aneka jajanan lezat untuk berbuka puasa. Mulai dari jajanan asin, manis, gurih, sampai pedas pun tersedia.

Beberapa jajanan tersebut bahkan hanya tersedia saat bulan ramadan saja. Karena itu, sayang sekali jika melewatkannya. Apalagi harganya sangat terjangkau. Jadi, tidak perlu khawatir dompet jebol jika beli dalam jumlah banyak untuk dibagi-bagikan. Simak yuk aneka jenisnya berikut.

1. Kicak

(Image: Kicak)

Jika ada belum tahu, kicak adalah jajanan khas Jogjakarta yang hanya bisa ditemui saat bulan ramadan, lho. Kicak terbuat dari adonan beras ketan dan kelapa parut yang diberi potongan buah nangka. Rasa kicak yang gurih dan manis dijamin deh sangat nikmat.

2. Gulai tutut

(Image: Tututexplorer)

Bagi anda penyuka seafood, makanan ini patut dicoba. Gulai tutut  atau siput sawah ini memiliki rasa unik yang khas. Paduan antara daging tutut yang kenyal dengan bumbu gulai yang pedas-gurih ini pasti bisa membuat anda ketagihan.

3. Kerupuk ojay

(Image: Ivieth-mutia)

Anda mencari camilan pedas untuk buka puasa? Kerupuk ojay jawabannya. Kerupuk ojay atau yang sering disebut kerupuk mie oncom adalah kerupuk mie sangrai atau goreng, yang dicelupkan ke dalam sambal oncom yang gurih dan pedas. Sensasi renyah kerupuk dan pedasnya sambal oncom tidak akan pernah gagal memanjakan lidah anda.

4. Bangka kopyor

(Image: Pinterest)

Beralih ke kota Gresik, anda akan menemukan bangka kopyor sebagai makanan khasnya saat bulan ramadan. Bangka kopyor yang merupakan singkatan dari bubur nangka dan kopyor tersebut dibuat dari tepung terigu, kelapa parut, roti tawar, pisang, nangka, dan santan kelapa yang tentunya sangat sangat pas dijadikan sebagai takjil.

5. Pisang ijo

Makanan khas Makasar ini selalu jadi primadona saat bulan ramadan. Pisang yang dibalut adonan tepung berwarna hijau tersebut dicampur bersama es serut, sirup, cacahan kacang, dan bubur sumsum. Selain menyegarkan, pisang ijo ini juga cukup mengenyangkan, sehingga cocok untuk takjil sekaligus makan malam yang praktis.

Coba resep: Es Pisang Ijo

6. Ketan bintul

(Image: Sweetcoconutandcumin)

Terakhir, anda bisa mencoba kental bintul yang merupakan jajanan khas kota Banten. Sesuai namanya, kentan bintul terbuat dari nasi ketan yang ditumbuk sebagai bahan utamanya. Nasi ketan tersebut lalu disajikan dengan abon sapi dan kuah gulai. Rasanya? Luar biasa lezat!

Selamat hunting jajanan!