Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Setiap kota di Indonesia pasti memiliki makanan khasnya masing-masing yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berhubung beberapa hari lalu saya baru liburan ke rumah saudara saya di Palembang, saya akan membahas makanan khas kota tersebut: pempek!

Siapa sih yang tidak suka pempek? Teksturnya yang garing di luar, lembut, kenyal, serta rasa ikan yang gurih dijamin sulit untuk ditolak begitu saja. Apalagi jika sudah disiram kuah cuko yang asam, manis, dan pedas. Kenikmatannya jadi bertambah berkali-kali lipat.

Selama ini, mungkin beberapa dari anda hanya tahu jenis pempek yang itu-itu saja. Padahal sebenarnya ada banyak jenis pempek lho. Nah, apa saja jenis pempek tersebut? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Pempek kapal selam

Bisa dibilang, pempek kapal selam adalah pempek yang paling terkenal dan menjadi favorit banyak orang. Bentuknya yang menggembung menyerupai kapal selam terlihat unik. Bahan pembuatannya sama saja dengan pempek original, hanya saja bagian tengah pempek ini diisi dengan satu butir telur. Paduan antara gurihnya adonan pempek dan kuning telur yang lumer di mulut dijamin bisa memanjakan lidah anda.

2. Pempek lenjer

Selain pempek kapal selam, pempek lenjer juga merupakan salah satu jenis pempek yang paling digemari. Pempek lenjer dibentuk seperti lontong kecil yang panjang, lalu dipotong jadi lebih kecil menyerupai koin tebal. Saat ini banyak juga yang memodifikasi pempek lenjer dengan cara menggorengnya bersama kocokan telur. Hmm, sama-sama enak!

3. Pempek adaan

Pempek yang satu ini bisa dibilang mirip seperti bakso ikan berukuran besar, karena bentuknya yang bulat. Itu sebabnya sebagian orang menyebut pempek adaan ini sebagai pempek bulat. Rasa dari pempek adaan ini sangat gurih, karena adonannya ditambah dengan santan kental dan potongan daun bawang. Pempek yang satu ini bisa langsung digoreng tanpa harus direbus dulu. Lebih hemat waktu saat membuatnya, kan.

4. Pempek sutra

Berbeda dari pempek sebelumnya, pempek sutra ini memiliki tekstur yang sangat lembut menyerupai sutra, karena adonannya sendiri dibuat lebih encer. Bahan dan cara pembuatannya pun juga sedikit berbeda. Karena teksturnya rapuh, pempek sutra dikukus dengan cara dibungkus daun pisang atau plastik. Pempek sutra ini cocok dinikmati oleh anda yang tidak terlalu suka tekstur terlalu kenyal seperti pempek lain.

5. Pempek kulit

Bagi anda penyuka kulit ikan, maka pempek kulit ini wajib anda coba. Adonan pempek original diberi tambahan kulit ikan tenggiri yang sudah dihaluskan.sehingga rasanya lebih gurih dan kenyal. Karena diberi tambahan kulit, maka pempek yang biasa berbentuk bulat pipih ini akan berwarna lebih gelap.

6. Pempek dos

Jika tidak suka ikan, anda bisa mencoba pempek dos ini karena ia tidak menggunakan daging ikan dalam pembuatannya. Meski begitu, rasa pempek dos ini tetap nikmat dan gurih karena diberi tambahan ebi atau udang kering. Pempek dos ini bisa dibentuk seperti pempek lain seperti kapal selam, lenjer atau bulat.

Jadi, apa jenis pempek favorit anda?