Ayo, siapa di sini yang suka mengonsumsi buah melon? Melon sangat baik dikonsumsi oleh siapapun, termasuk ibu hamil. Bahkan sebenarnya bumil cocok sekali mengonsumsi melon karena dipercaya bisa mengurangi morning sickness. Melon sendiri sebenarnya terdiri dari tiga jenis utama, yakni cucumis melon, watermelon, dan horned melon. Buah melon ini 90% kandungannya adalah air, ada juga zat besi, kalsium, dan kandungan triptofan yang membantu memperbaiki mood-swing bumil, serta beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan. Tapi ternyata buah melon yang dijual di pasaran pun beragam, lho. Penasaran? Yuk, cari tahu ada jenis melon apa saja.

1. Melon Hijau

Green Melon

Melon ini biasa juga disebut dengan musk melon, sky rocket, atau melon lokal. Kulitnya tebal dan kasar serta bertekstur seperti jala. Buahnya sendiri punya aroma yang sangat harum dan rasanya manis. Melon hijau punya kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini dipercaya bisa meningkatkan kandungan kolagen dalam kulit sehingga mencegah penuaan dini. Hmm, pasti kamu jadi bakalan rajin mengonsumsi melon hijau setelah ini ya?

2. Melon Jingga

Melon Jingga (Cantaloupe)

Tekstur kulitnya hampir sama dengan melon hijau, hanya warna buahnya yang membedakan. Melon jingga disebut juga melon orange atau rock melon. Warna buahnya orange karena didominasi oleh kandungan betakaroten. Kandungan ini sangat berguna untuk kesehatan mata dan mengurangi risiko terserang katarak. Tidak hanya itu, melon jingga juga punya kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit.

3. Melon Madu

Honey Melon

 

Disebut juga honeydew melon. Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau melon ini punya rasa yang paling manis dibanding lainnya. Eits, saat membelinya jangan tertukar dengan melon hijau, ya. Walaupun warna dagingnya sama-sama hijau, tapi melon madu ini punya tekstur kulit yang lebih lembut dan cerah. Selain itu, harumnya juga sudah pasti sangat tajam bahkan sebelum dikupas. Yummy!

4. Melon Emas

Yellow Melon

Dari semua jenis melon, melon emas atau golden melon yang punya tampilan paling beda dari yang lain. Kulitnya berwarna kuning cerah dan sangat mulus. Warna buahnya juga putih, bukan hijau seperti melon kebanyakan. Bedanya lagi, melon emas tidak memiliki harum apapun. Ada dua jenis melon emas yang dibudidayakan yakni jenis golden light melon yang berbentuk bulat dan golden langkawi melon yang berbentuk lonjong.

5. Watermelon

watermelon

Nah, kamu pasti belum tahu kan bahwa ternyata semangka juga termasuk jenis melon. Sesuai namanya, semangka disebut juga watermelon. Kandungan semangka didominasi oleh air dan mengandung lycopene yang sangat baik untuk tubuh. Lycopene ini akan mencegah penuaan dini dan menghilangkan kerutan di wajah. Buah semangka juga dipercaya bagus untuk meningkatkan gairah seksual, lho.

6. Horned Melon

Hornedmelon

Nah, horned melon ini dikenal juga dengan kiwano. Buah kiwano berasal dari Afrika dan saat ini belum dijual di pasaran luas di Indonesia. Melon dengan kulit bertekstur tanduk-tanduk dan berwarna kuning ini punya isi buah seperti markisa. Namun hati-hati saat mengonsumsi buah ini. Ketika belum benar-benar matang, buah ini memiliki rasa yang sangat pahit dan punya bahan kimia alami yang berbahaya. Jadi sebelum mengonsumsinya kamu harus benar-benar pastikan kiwano sudah matang, ya!