Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Salah satu hal yang membuat orang malas makan buah adalah karena penyajiannya yang membosankan atau begitu-begitu saja. Kalau tidak dijus ya dimakan langsung sebagai buah potong. Padahal khasiat buah-buahan itu sangat banyak dan baik lho bagi kesehatan. Atas dasar itulah, saya memutar otak untuk membuat aneka olahan dari buah-buahan yang enak, menarik perhatian, serta menggugah selera keluarga saya untuk melahapnya.

Nah, bagi anda yang mungkin sedang kebingungan untuk mengolah buah, coba deh intip menu-menu dibawah ini untuk dijadikan referensi.

1. Sus buah

Jika selama ini anda mengira bahwa sus hanya diisi dengan vla susu saja, maka anda salah besar. Anda juga bisa kok mengkreasikan vla dengan aneka buah yang menyegarkan seperti buah naga, anggur, jeruk, dan kiwi. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu membelah kue sus yang sudah jadi, lalu mengisinya dengan vla (yang juga berfungsi untuk merekatkan buah), dan menyusun potongan buah segar di atasnya. Rasa dari sus buah ini manis, segar, dan sedikit asam. Sangat cocok dijadikan camilan untuk keluarga anda.

2. Sop buah

Menu yang satu ini paling cocok nih dinikmati di siang hari. Kuah sirup cocopandan dicampur bersama aneka buah seperti melon, manisan kolang-kaling, nata de coco, buah naga merah, agar-agar, dan alpukat. Sensasi manis, dingin, dan menyegarkan dari sop buah ini bisa membuat hari anda terasa lebih menyenangkan.

3. Salad buah

Tak hanya cocok disajikan sebagai appetizer saja, salad buah juga nikmat lho dijadikan camilan yang enak dan sehat. Buah-buahan seperti strawberry, anggur merah, anggur hitam, kiwi, semangka, dan sunkist akan sangat nikmat dipadukan dengan saus yang terbuat dari campuran mayonaise, susu kental manis, dan air perasan jeruk lemon. Tambahkan juga nata de coco agar rasa salad buah anda semakin kaya.

4. Fruit tartlet

Fruit tartlet atau pie buah mini merupakan kudapan manis yang sangat nikmat. Coba bayangkan bagaimana nikmatnya paduan antara tart pie yang renyah dan lembut, gurihnya vla, dan segarnya buah-buahan dalam satu gigitan? Dalam resep ini, anda bisa menggunakan buah kiwi, anggur, jeruk, dan strawberry yang tak hanya bisa menambah rasa dan gizi pada tart, tapi juga bisa mempercantik penampilannya tart tersebut.

5. Rujak buah

Bisa dibilang, rujak buah ini camilan favorit semua orang. Campuran antara buah nanas, bengkuang, jambu air, timun, pepaya mengkal, mangga mengkal, dan kedondong yang disiram dengan bumbu rujak yang asam, manis, dan pedas dijamin deh bisa langsung membuat anda merem melek saking nikmatnya.

6. Puding susu

Jika anda ingin kudapan yang enak dan sehat namun praktis, maka anda wajib mencoba puding susu ini. Anda hanya perlu membuat puding susu biasa, lalu menyiramnya dengan fruit cocktail. Meskipun sangat sederhana, tapi jangan salah, rasa puding susu buah ini sangat nikmat. Apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin.

Sehat sekaligus enak? Siapa yang bisa tahan. Jadi, mau dibuat apa stok buah anda hari ini?