Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Beberapa hari terakhir, saya tiba-tiba ngidam sup krim ayam. Sebelumnya saya pernah mencicipinya di restoran ala barat dan gerai cepat saji. Rasanya benar benar gurih dengan kuah kental yang ‘pas’. Apalagi di dalam sup krim itu juga terdapat irisan kecil sayur dan ayam sehingga citarasanya lebih bertekstur lezat.

Selama ini, sup krim identik dengan appetizer atau makanan pembuka, namun anda juga bisa menjadikannya sebagai makanan utama. Saya biasanya akan menambahkan lebih banyak takaran jagung atau kentang, sehingga akan cukup mengenyangkan.

Anda pasti tertarik untuk menyajikannya di rumah kan? Untuk mendapatkan semangkuk sup krim ayam yang kental dan mengalir serta tercampur rata dan tidak memisah/menggumpal, simak tips berikut ini.

1. Gunakan bagian dada ayam

Karena sup krim ayam termasuk ke dalam makanan bertekstur lembut, maka bagian ayam terbaik yang harus anda gunakan adalah dadanya. Bagian dada biasanya berdaging banyak dan tanpa lemak, jadi sangat cocok dijadikan sup krim ayam. Hindari menggunakan bagian ayam yang berlemak, karena sup krim yang terbentuk akan berminyak dan ‘memisah’.

2. Gunakan air kaldu dan susu cair

Untuk menciptakan sup yang kental dan gurih, pastikan anda menggunakan air kaldu. Kaldu bisa didapat dari rebusan tulangnya. Agar kuahnya lebih bening, pastikan ada membuang bagian ampas kaldu sampai bersih. Jangan lupa juga tambahkan susu cair full cream agar rasa sup krim lebih gurih.

3. Tambahkan larutan tepung

Penambahan larutan tepung akan sangat membantu anda dalam mengentalkan sup. Tepung yang digunakan bebas. Namun saya menyarankan anda menggunakan tepung maizena. Tambahkan larutan tepung ke dalam tumisan mentega, sayuran, dan ayam yang telah dicampur air kaldu. Jangan lupa untuk mengencerkan tepung dengan sedikit air sebelum dimasukkan supaya tidak menggumpal.

4. Masukkan susu terakhir kali

Setelah kaldu beserta bahan-bahan lainnya mengental, baru terakhir kali masukkan susu cairnya. Jika susu sudah dimasukkan sebelum kuah mengental, maka sup bisa ‘pecah’ dan terlihat tidak larut menyatu. Setelah susu masuk, aduk-aduk sup terus hingga mendidih dan terlihat meletup-letup.

tu tadi tips membuat sup krim ayam yang bisa anda coba. Sangat mudah untuk diikuti, kan? Agar lebih kaya nutrisi, anda bisa menambahkan sayuran lain dan bahan makanan lainnya sesuai selera. Pastikan juga untuk segera menyantap sup krim tersebut selagi hangat.

Coba resep: Soup Cream Ayam