Image: Epicurious.com

Penulis: Graminda | Editor: Ria

Salah satu bahan serbaguna yang selalu ada di dapur saya adalah susu kental manis. Sebab, bisa digunakan sebagai topping, bahan kue, atau pengganti gula. Susu kental manis sebenarnya merupakan susu segar yang dicampur gula. Makanya, tahan lama dan teksturnya kental.

Sebagai info, anda bisa buat sendiri susu kental manis, lho! Jaga-jaga siapa tahu persediaan habis saat perlu. Tidak perlu takut ribet, bahan dan alatnya pasti ada di dapur anda.

Baca Juga: Resep Jasuke

1. Siapkan Bahan

Bahan yang disiapkan tidaklah banyak. Hanya diperlukan 100 g gula pasir, 3 sdm mentega leleh, 250 g susu bubuk, dan ⅔ gelas air panas. Jenis susu bubuk yang digunakan boleh apa saja sesuai selera anda. Misalnya susu bubuk coklat, skim, atau full cream.

2. Campurkan Bahan

Campurkan air panas, gula, dan mentega menggunakan mixer. Setelah gula larut, tambahkan susu bubuk sedikit demi sedikit. Tujuannya, mencegah susu menggumpal.

Saat mengaduk bahan, mulailah dengan kecepatan kecil. Setelah agak larut, aduk dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga: 12 Aneka Minuman Es Tradisional & Unik Khas Indonesia

3. Sesuaikan Kekentalan

Kekentalan dari susu bisa disesuaikan dengan kehendak anda, lho! Bila terlalu banyak gula, tentu akan lebih kental. Nah, jika ingin mengencerkan susu, tambahkan air sedikit demi sedikit. Gunakan sendok makan agar air tidak tumpah.

4. Simpan di Kulkas

Simpan susu saat seluruh bahan sudah larut sempurna dan kekentalannya pas. Gunakan wadah kedap udara dan pastikan tidak terkena matahari langsung, ya! Supaya terjaga teksturnya dan tidak cepat basi.

Jika disimpan dalam kulkas, kental manis homemade ini bisa bertahan hingga 5 hari.

Coba Resep: Resep Puding Strawberry

Kini, dessert dan kue anda akan semakin cantik dengan kental manis buatan sendiri. Bila ingin kental manis beraroma wangi, tambahkan sedikit vanilla essence dalam campuran bahan. Selamat mencoba!

4 Langkah Mudah Membuat Susu Kental Manis Homemade
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3 (60%) 1 vote