(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Bagi anda yang gemar bikin kue, memanaskan oven sebelum proses panggang seakan jadi ritual wajib. Meskipun tak punya banyak waktu, kita harus sempat memanaskan oven paling tidak 15 menit dengan temperatur yang tepat. Kalau tidak, kue akan bantat dan tidak akan matang sempurna.

Saya pernah meng-skip langkah tersebut saat membuat kue kering. Katanya, aturan membuat kue kering tidak seketat bolu, jadilah saya merasa tenang-tenang saja saat lupa memanaskan oven. Tapi ternyata, hasil panggangan juga kurang sempurna. Ketika menambahkan waktu panggang, tekstur kue kering juga kurang bagus dan ada sedikit bagian gosong di dasarnya. Apapun jenis kuenya, memanaskan oven memang tak boleh dilewatkan. Alasannya? Cek di bawah ini!

1. Agar bahan pengembang tidak cepat mati atau tetap aktif

Meskipun sama-sama digunakan untuk mengembangkan adonan, setiap bahan pengembang punya karakter tersendiri. Baking powder yang seringkali tertukar dengan baking soda pun punya sifat yang berbeda, apalagi jika keduanya dibandingkan dengan ragi. Sebagian besar bahan pengembang aktif saat proses pembuatan adonan dan mati saat proses panggang. Nah, ada satu sifat lagi yang umum dimiliki kue berbahan pengembang, yakni harus segera dimasukkan ke dalam oven panas setelah adonannya jadi. Sebab, bahan pengembang ini bisa cepat mati jika terlalu lama di suhu ruang. Bahan pengembang yang mati di suhu ruang akan mengendap dalam adonan. Tak mau kan kue yang harusnya mengembang sempurna malah jadi bantat?

Baca juga: Apa Bedanya? Baking Powder Single Acting vs Double Acting

2. Adonan tak perlu melalui pergantian suhu yang drastis

Adonan kue itu sensitif, lho. Saat dimasukkan dalam oven yang belum panas, kue tidak akan matang sempurna. Karena pada dasarnya, adonan dibuat dalam suhu ruang. Ketika dimasukkan dalam oven yang belum dipanaskan, adonan memang tak bermasalah. Namun saat suhu dinaikkan sangat tinggi, adonan kue akan sulit menyesuaikan sehingga tak akan terpanggang dengan baik. Apalagi jika oven sering dibuka-tutup, kue justru akan mengempis.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Bikin Kue Kempis & Bergelombang

3. Hasil panggangan kue sempurna dan lebih hemat tenaga

Yup, peraturan memanaskan oven berlaku untuk kue dan roti jenis apapun ya, termasuk jenis kue yang tak perlu mengembang. Soalnya, proses pemasakan itu baru terjadi saat si adonan masuk dalam oven. Nah, proses pemasakan atau pemanggangan hingga mencapai tekstur sempurna ini tidak sebentar, lho. Bayangkan jika anda memanggang kue kering dengan oven dingin. Kue kering memang tetap matang nantinya dan kalaupun belum matang, ya tinggal dipanggang lagi. Namun, apakah teksturnya tetap sama jika si oven dipanaskan terlebih dahulu? Belum tentu. Lalu, apakah biaya listrik dan waktu menunggu tidak bertambah? Pastinya bertambah dua kali lipat, ya.

Baca juga: 8 Kue dan Roti yang Praktis dan Ekonomis untuk Pemula

Nah, masih ingin nge-skip panaskan oven? Ternyata, pengaruhnya memang besar sekali untuk hasil panggangan. Selain memanaskan oven, ada beberapa langkah lain yang wajib anda tahu (terutama yang baru belajar bikin kue, nih) dan sebisa mungkin tidak di-skip. Cek di sini, yuk!